Investigasi Fluence partikel kontaminan pada komponen Head Linear Accelerator (Linac) 10 MV dengan berkas Foton menggunakan simulasi Monte Carlo Fluka

Sutrisna, Irma Wati (2023) Investigasi Fluence partikel kontaminan pada komponen Head Linear Accelerator (Linac) 10 MV dengan berkas Foton menggunakan simulasi Monte Carlo Fluka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan high energy photon beam dalam radioterapi bertujuan untuk meningkatkan efektivitas berkas radiasi agar dapat menjangkau tumor yang letaknya lebih dalam dari permukaan kulit. Pada linac medik dalam mode foton, partikel radiasi yang dilepaskan tidak murni foton, terdapat partikel kontaminan seperti elektron, positron, bahkan neutron. Keberadaan partikel kontaminan ini, dapat berpengaruh terhadap dosis radiasi yang diberikan kepada pasien. Partikel ini dihasilkan dari interaksi berkas foton dengan komponen head linac. Penelitian berbasis simulasi Monte Carlo dilakukan untuk menginvestigasi kontribusi setiap komponen head linac terhadap produksi partikel kontaminan. Mengingat neutron merupakan partikel yang sangat dihindari dalam fisika medis, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui keberadaan neutron kontaminan di dalam phantom. Alat simulasi yang digunakan yakni FLUKA yang terintegrasi dengan flair yang berfungsi untuk pembuatan file input bagi FLUKA. Bedasarkan simulasi yang dilakukan, diketahui bahwa target merupakan kontributor terbesar dalam produksi partikel kontaminan baik itu elektron, positron, maupun neutron. Kemudian diikuti oleh komponen primary collimator, flattening filter, ion chamber, jaws X, dan jaws Y. Adapun produksi partikel kontaminan mengalami penurunan seiring dengan semakin dalamnya posisi komponen head linac. Secara berturut – turut, persentase partikel elektron dan positron kontaminan yang masuk ke dalam phantom sebesar 1.47% dan 0.08% dari fluence foton. Diketahui pula bahwa terdapat neutron kontaminan di dalam phantom dengan nilai rata – rata fluence sebesar 1.21×〖10〗^(-11) partikel/cm2/bobot primary. Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa pada linac medic 10 MV partikel kontaminan yang paling banyak dihasilkan adalah elektron, kemudian selanjutnya positron, dan dihasilkan juga sejumlah kecil neutron.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fluka; flair; linac; fluence elektron; fluence positron; fluence neutron;
Subjects: Physics > Measurement of Physics
Modern Physics > Atomic and Nuclear Physics
Medicine and Health > Medical Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Irma Wati Sutrisna
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:55
Last Modified: 22 Feb 2023 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64657

Actions (login required)

View Item View Item