Hubungan intensitas bermain Game Online dengan Self Control remaja di Mts Ar-Rosyidiah Kota Bandung

Harapan, Fajar (2016) Hubungan intensitas bermain Game Online dengan Self Control remaja di Mts Ar-Rosyidiah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Pada era globalisasi ini banyak remaja yang bergaul secara berkelompok, sehingga sumber kasih, simpati, pengertian, dan tuntunan moral, serta sarana untuk mencapai otonomi dan kemandirian dari orang tua. Dalam perkembangan zaman ini teknologi yang terus berkembang mengikuti kebutuhan pasar dimana semua orang membutuhkan satu teknologi yang disebut internet. Tekhnologi internet meliputi beberapa yaitu sosial media, berita, dan game online. Banyak pelajar mengunakan game online untuk berbagai hiburan. Berbagai game online pun dapat diperoleh dari internet tersebut. Para remaja di MTs Ar-Rosyidiah yang sering menggunakan fasilitas internet untuk mendapatkan informasi apa pun, seperti bermain game online ataupun sekedar untuk chatting. Para remaja tersebut bisa berlama-lama untuk menghabiskan waktunya bermain game online. Mereka tidak bisa mengontrol dirinya atau self control dengan baik atau, padahal mereka sadar apa yang mereka lakukan adalah sebuah kesalahan. Sebagian remaja laki-laki MTs Ar-Rosyidiah sering bermain game online dengan intensitas cukup tinggi dilihat dari data server internet yang berada di sekolah. Penelitian ini dimaksud untuk mengatahui hubungan intensitas bermain game online dengan self control remaja di MTs Ar-Rosyidiah kota Bandung. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode korelasional, yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan variabel Intensitas dengan variabel Self Control. jumlah subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur Intensitas yang dikembangkan oleh Azwar (2012), dan alat ukur Self Control yang di dasarkan dari aspek-aspek Self Control menurut Averill (1973). Data yang dihasilkan selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik korelasi Rank Spearman. Dalam penelitian ini, digunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data, penulis memberikan seperagkat pertayaan tertulis kepada responden untuk dijawab. Angket yang diberikan mengunakan skala Likert, terdiri dari dua instrumen yaitu: intensitas bermain game online dan self control Hasil analisis statistik memperlihatkan koefisien korelasi sebesar -0,254, artinya intensitas berhubungan negatif dengan self control. Kekuatan hubungan antara Intensitas dengan self control rendah menurut Guillford .Tingginya intensitas berhubungan dengan rendahnya self control dan rendahnya intensitas berhubungan dengan tingginya self control remaja di MTs Ar-Rosyidiah kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Self Control; Game Online
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: novella astri
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:14
Last Modified: 22 Feb 2023 01:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64670

Actions (login required)

View Item View Item