Bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan kedisplinan siswa pasca belajar online

Robbani, Rijaluddin (2022) Bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan kedisplinan siswa pasca belajar online. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan Konseling Islam Bimbingan dan Konseling Islam Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pasca Belajar Online di SMP Negeri 2 Cilimus, Kabupaten Kuningan. Pada hari senin tanggal 2 Maret 2020 adalah kasus pertama Covid-19 masuk ke negara Indonesia yakni di kota Depok Jawa Barat. Karena masuknya Virus Covid-19 ini mengharuskan pelajar Indonesia dari taman kanak - kanak sampai pelajar mahasiswa mengalami pembelajaran secara online. Dampak dari pembelajaran secara online selama 2 tahun itu mengakibatkan adanya penurunan kedisplinan siswa karena terbentuknya kebiasaan siswa yang kurang baik sehingga membuat siswa menjadi malas untuk berangkat ke Sekolah. Kedisiplinan dalam melaksanakan peraturan sekolah pun sangat menurun drastis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan dan konseling Islam, mengetahui proses pelaksanaan program dan mengetahui hasil dari program bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan kedisplinan siswa di SMP Negeri 2 Cilimus. Bimbingan dan konseling Islam memiliki peran salah satunya untuk meningkatkan kedisplinan siswa. Maka, ketika hasil dari kedisplinan siswa itu meningkatk dapat diprediksi bahwa individu tersebut sudah mengikuti dengan baik dan mendapatkan pemahaman yang baik pada bimbingan dan konseling Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan metode deskriptif, peneliti dapat menggambarkan secara sistematis, faktual, aktual mengenai Bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan kedisplinan siswa pasca belajar online. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan kedisplinan siswa dinilai berhasil karna dilakukan dengan program dan proses yang baik. Terbukti dengan adanya perubahan sikap pada siswa SMP Negeri 2 Cilimus dari siswa yang tidak terbiasa mentaati peraturan sekolah, setelah dilaksanakannya program yang ada di SMP Negeri 2 Cilimus siswa menjadi terbiasa bahkan menjadi sebuah kebutuhan dalam dirinya yaitu seperti pembiasaan Hadir ke sekolah tepat waktu, Mentaati peraturan sekolah, Rajin belajar, dan Tertib saat pembelajaran dalam kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Kedisplinan Siswa; Belajar Online
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rijaluddin Robbani Robbani
Date Deposited: 23 Feb 2023 00:43
Last Modified: 23 Feb 2023 00:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64693

Actions (login required)

View Item View Item