Pengaruh piutang kontribusi dan investasi terhadap pertumbuhan aset pada perusahaan Asuransi Syariah : Studi di PT Panin Dai-ichi Life periode 2011-2021

Alyyu, Siwi Adlu (2022) Pengaruh piutang kontribusi dan investasi terhadap pertumbuhan aset pada perusahaan Asuransi Syariah : Studi di PT Panin Dai-ichi Life periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan aset yang sehat dianggap sebagai salah satu keberhasilan suatu perusahaan. Piutang kontribusi atau premi dan investasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan aset, ketika piutang kontribusi dan investasi naik maka pertumbuhan aset akan mengalami kenaikan. Hal tersebut menjadi latar belakang dalam penelitian ini, bahwa terjadi ketidaksesuaian antara teori dengan data pada laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui besarnya pengaruh Piutang Kontribusi dan Investasi terhadap Pertumbuhan Aset pada PT. Panin Dai-ichi Life Unit Syariah baik secara parsial dan simultan. Kerangka teori yang digunakan merujuk pada penelitian sebelumnya yang menyatakan jika piutang kontribusi dan investasi naik maka akan diikuti dengan aset yang juga akan meningkat. Metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT. Panin Dai-ichi Life Unit Syariah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi dan analisis koefisien determinasi) serta analisis uji hipotesis dalam bentuk uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Piutang Kontribusi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pertumbuhan Aset dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 3,3% dan Investasi secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pertumbuhan Aset dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 4,1%. Piutang kontribusi dan Investasi secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Aset dibuktikan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 6,5% dan hasil uji F yaitu 0,242 < 4,46.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Piutang kontribusi; Investasi; Pertumbuhan aset; Asuransi Syariah.
Subjects: Econmics
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Siwi Adlu Alyyu
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:02
Last Modified: 02 Mar 2023 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64694

Actions (login required)

View Item View Item