Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap Pasal 15 Peraturan Walikota Bandung No. 1407 Tahun 2016 tentang Tugas dan Fungsi Lurah studi kasus Kelurahan Cipadung

Nurasiyah, Thary (2023) Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap Pasal 15 Peraturan Walikota Bandung No. 1407 Tahun 2016 tentang Tugas dan Fungsi Lurah studi kasus Kelurahan Cipadung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy

Abstract

Pasal 15 pada Peraturan Walikota Bandung No. 1407 Tahun 2016 mengatur terkait tugas dan fungsi Lurah dalam pelaksanaannya di Kelurahan Cipadung ternyata masih banyak tugas dan fungsi Lurah yang belum maksimal, hal tersebut dapat dilihat dari pemeliharaan ketenteraman dan ketertiban umum, kurangnya sumber daya manusia dalam pelayanan masyarakat, tidak adanya perpustakaan di Kelurahan Cipadung. Maka penulis tertarik untuk mengkaji Pasal 15 Peraturan Walikota No. 1407 Tahun 2016 tentang Tugas dan Fungsi Lurah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Landasan Hukum Tugas dan Fungsi Lurah dalam Pasal 15 Peraturan Walikota Bandung No. 1407 Tahun 201, Untuk Mengetahui apa saja bukti-bukti dari Tugas dan Fungsi Lurah di Kelurahan Cipadung dalam kepemimpinannya di Masyarakat, Untuk mengetahui bagaimana Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap Landasan Hukum Tugas dan Fungsi Lurah di Kelurahan Cipadung. Teori dalam penelitian ini menggunakan Teori Tanggung Jawab Negara, Teori Penyelenggaraan Pemerintah, dan Teori Siyasah Dusturiyah yang berkaitan dengan prinsip keadilan dan prinsip maslahah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode dekripif, dengan pendekatan kualitatif, yaitu berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan, pengumpulan dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka, yang berhubungan dengan peraturan walikota. Hasil temuan dalam penelitian skripsi ini yaitu, pertama, dalam pelaksanaan Peraturan Walikota No. 1407 Tahun 2016 pada Pasal 15 yang berlandaskan pada Peraturan Daerah No. 06 Tahun 2006 telah dilaksanakan sesuai dengan Pasal 15 Peraturan No. 1407 Tahun 2016, namun, belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal. Kedua, belum maksimalnya pelaksanaan tugas dan fungsi Lurah di Kelurahan Cipadung dikarenakan pada kenyataannya masih banyak yang belum maksimal diantaranya kurangnya pemeliharaan ketenteraman dan ketertiban umu, kurangnya sumber daya manusia yang menyebabkan kurangnya pelayanan bagi masyarakat, dan tidak adanya perpustakaan di Kelurahan Cipadung. Ketiga, ditinjau dari siyasah dusturiyah pelaksanaan tugas dan fungsi yang sudah sesuai dengan Kemaslahatan Umat, namun dalam pelaksanaan beberapa tugas dan fungsinya belum maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tugas dan Fungsi; Peraturan Walikota; dan Siyasah Dusturiyah
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Thary Nurasiyah
Date Deposited: 24 Feb 2023 00:52
Last Modified: 24 Feb 2023 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64730

Actions (login required)

View Item View Item