Dinamika dakwah komunitas fotografi : Analisis deskriptif kegiatan dakwah pada komunitas Fotografer Muslim di Kota Bandung

Rajul, Awla (2022) Dinamika dakwah komunitas fotografi : Analisis deskriptif kegiatan dakwah pada komunitas Fotografer Muslim di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah merupakan upaya mengajak manusia untuk menjalankan kehidupan sesuai dengan syariat Islam. Terlepas apa pun profesi dan hobinya, umat Islam memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk tetap melakukan dakwah. Komunitas Fotografer Muslim merupakan komunitas tempat berkumpulnya orang-orang dengan hobi fotografi, namun melakukan kegiatan dakwah melalui dakwah visual dan aktifitas-aktifitas komunitas lainnya. Komunitas ini memiliki kegiatan-kegiatan yang menunjang anggotanya untuk memperdalam kemampuan fotografi dan pemahaman Islam. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dinamika dakwah yang terjadi di dalam Komunitas Fotografer Muslim melalui interaksi kegiatan dakwah, interpendensi kegiatan dakwah, dan keteraturan aktifitas dakwah. Penelitian ini menggunakan teori dinamika dan teori dinamika kelompok dari Slamet Santosa sebagai acuan bagi peneliti untuk memahami realitas dan fenomena di dalam komunitas untuk mengetahui dinamika yang terjadi pada Komunitas Fotografer Muslim. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan dan menjelaskan proses kegiatan dakwah yang dilakukan oleh Komunitas Fotografer Muslim. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa interaksi terjadi antara anggota dengan anggota, pengurus dengan pengurus, serta anggota dan pengurus dengan komunikasi yang santai, tidak kaku, dan fleksibel. Interaksi di Komunitas Fotografer Muslim terjadi secara bersamaan dari dan oleh da’i dan mad’u, karena setiap anggota merangkap sebagai keduanya. Interpendensi yang terjadi dengan hubungan ketergantungan yang positif di Komunitas Fotografer Muslim. Ketergantungan yang berlangsung di komunitas datang dari kesamaan hobi dan tujuan menjalan kegiatan fotografi yang bernilai dakwah dan sosial. Keteraturan kegiatan dakwah di Komunitas Fotografer Muslim dijalankan dengan semaksimal mungkin sesuai dengan rencana, kondisi, dan SDM yang tersedia. Kegiatan dilakukan secara harian, mingguan, bulanan dan tentatif serta mengundang SDM yang ahli di bidang fotografi dan cakap di ilmu agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dinamika; Dakwah; Komunitas; Fotografer Muslim
Subjects: Islam > Da'wah
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Awla Rajul
Date Deposited: 27 Feb 2023 00:27
Last Modified: 27 Feb 2023 00:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64740

Actions (login required)

View Item View Item