Hubungan antara keterampilan bermain kartu angka dengan kemampuan berhitung anak: Penelitian di kelompok B RA Riyadlul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya

Azizah, Amalia Siriah Nur (2022) Hubungan antara keterampilan bermain kartu angka dengan kemampuan berhitung anak: Penelitian di kelompok B RA Riyadlul Huda Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena terjadi di lapangan bahwa adanya kesenjangan antara keterampilan bermain kartu angka dengan kemampuan berhitung anak pada kelompok B RA Riyadlul Huda Taraju Tasikmalaya. Terdapat beberapa anak yang menunjukkan bahwa kemampuan berhitung terhadap penguasaan mengenal angka masih belum berkembang yang terlihat dari anak yang masih belum benar dalam mencocokan angka dan masih keliru ketika menyebutkan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keterampilan bermain kartu angka di kelompok B RA Riyadlul Huda Taraju Tasikmalaya; (2) kemampuan berhitung anak di kelompok B RA Riyadlul Huda Taraju Tasikmalaya; (3) hubungan antara keterampilan bermain kartu angka dengan kemampuan berhitung anak di kelompok B RA Riyadlul Huda Taraju Tasikmalaya. Kemampuan berhitung anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterampilan bermain kartu angka. Keterampilan bermain kartu angka dapat memudahkan dalam pengenalan lambang bilangan pada anak. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi keterampilan bermain kartu angka semakin tinggi pula kemampuan berhitung anak pada anak usia dini. Metodologi penelitian yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Riyadlul Huda Taraju Tasikmalaya yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan Teknik sampling jenuh, yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan bermain kartu angka diperoleh nilai rata-rata 71. Angka tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Sedangkan, kemampuan berhitung anak diperoleh nilai rata-rata 76. Angka tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara keterampilan bermain kartu angka dengan kemampuan berhitung anak diperoleh harga koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank sebesar 0,759. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori kuat atau tinggi karena berada pada interval 0.600-0,799. Hasil uji signifikansi menggunakan t tes, diperoleh t_hitung = 4,202 dan t_tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 13 sebesar 2,160 karena t_hitung = 4,202 ≥ t_tabel= 2,160. Artinya Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain, keterampilan bermain kartu angka memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kemampuan berhitung anak. Selain itu, keterampilan bermain kartu angka memberikan pengaruh terhadap kemampuan berhitung anak di kelompok B RA Riyadlul Huda sebesar 57,61%. Sedangkan sisanya yaitu 42,39% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan bermain kartu angka memiliki hubungan yang kuat dengan kemampuan berhitung anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung; Kartu Angka
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Amalia Siriah Nur Azizah
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:25
Last Modified: 28 Feb 2023 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64780

Actions (login required)

View Item View Item