Pengaruh motivasi penggunaan Instagram dan The Dark Triad personality terhadap Deceptive Self Presentation

Devi, Mirna (2023) Pengaruh motivasi penggunaan Instagram dan The Dark Triad personality terhadap Deceptive Self Presentation. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena penipuan online seperti pemalsuan identitas (love scammer, catfishing) atau konten-konten yang tidak sesuai aslinya merupakan akibat dari kebebasan personalisasi diri yang ditawarkan media sosial. Kebebasan personalisasi diri memunculkan perilaku deceptive self presentation yakni regulasi kesan yang menipu. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat pengaruh motivasi penggunaan dan the dark triad personality terhadap deceptive self presentation pada individu pengguna Instagram. Subjek dalam penelitian ini ialah 400 orang yang tergolong pada masa dewasa awal di Indonesia yang menggunakan Instagram dengan rentang umur 20-34 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis structural equation model (SEM) berbasis partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi penggunaan dan the dark triad personality mempengaruhi deceptive self presentation sebesar 30,9% terhadap dimensi ideal self dan sebesar 41,9% terhadap false self. Secara parsial, hanya dimensi motivasi penggunaan untuk alasan new friendship, following and monitoring, social connectedness dan social recognition memiliki pengaruh yang signifikan terhadap deceptive self presentation. Variabel the dark triad personality hanya dimensi narcissism yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap deceptive self presentation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi penggunaan; the dark triad personality; deceptive self presentation;
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Applied Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Mirna Devi
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:33
Last Modified: 28 Feb 2023 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64821

Actions (login required)

View Item View Item