Implementasi kerjasama usaha rental Play Station ditinjau dari Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah : Studi kasus pada rental Play Station Rumi Sukapada Bandung

Pebriyadi, Moch Aditya (2022) Implementasi kerjasama usaha rental Play Station ditinjau dari Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah : Studi kasus pada rental Play Station Rumi Sukapada Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya rental play station yang tidak tertelan oleh zaman dan terus berkembang dimana biasanya rental play stasion dimiliki oleh sebuah individu sekarang banyak yang menggunakan kerjasama usaha untuk mendirikannya.Tetapi ada saja oknum yang tidak menaati perjanjian yang telah di sepakati seperti yang dialami oleh rental play station rumi, permasalahan tersebut terjadi saat salah satu pemilik menjaga rental dia melanggar aturan yang di sepakati kedua belah pihak Hal ini melanggar ketentuan syariat islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi syirkah pada Rental Play Station Rumi (2) perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap syirkah di Rental Play Station Rumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi syirkah di rental play staion rumi. Penelitian ini bertitik tolak dari keingintahuan penulis mengenai sistem kerjasama usaha rental play station Sudah tepatkah penerapan syirkah yang di jalankan pada rental play station ini, syirkah berarti al-ikhtilath (campuran) atau penyatuan dua hal atau lebih, sehingga sulit untuk membedakannya satu sama lain. Seperti kemitraan hak milik atau bisnis syirkah. Karena yang peneliti ketahuipun usaha ini di jalankan menggunakan kerjasama usaha dengan bagi hasil (untung) serta rugi yang telah di sepakati bersama atau disebut dengan konsep syirkah.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik, dengan pendekatan Hukum Ekonomi Syari’ah. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data di lakukan secara kualitatif dengan pengumpulan data-data, yang terkait untuk dianalisis serta ditarik kesimpulan dari analisis tersebut.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi syirkah rental play station Rumi Kelurahan Sukapada, yaitu adanya kesepakatan baik dari modal dan keuntungan di bagi sama rata dan kerugian di tanggung bersama. Menurut Hukum Ekonomi Syariah bahwa syarat-syarat dalam ijab qabul, objek yang disepakati, modal syirkah, metode dalam rental play station dan pembagian keuntungan maupun kerugian sudah terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan syara’dan termasuk syirkah mufawadhah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Syirkah
Subjects: Commerce, Trade
Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: moch aditya pebriyadi
Date Deposited: 28 Feb 2023 00:59
Last Modified: 20 Mar 2023 14:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64840

Actions (login required)

View Item View Item