Upaya meningkatkan kedisiplinan anak usia dini melalui metode pembiasaan berbasis Fun Learning

Nurjanah, Zulpa Siti (2022) Upaya meningkatkan kedisiplinan anak usia dini melalui metode pembiasaan berbasis Fun Learning. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pendahuluan telah disebutkan bahwa ditemukan masalah yang terjadi pada anak dalam aspek kedisiplinan, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi awal banyak anak yang belum tertib saat pembelajaran, tidak menyelesaikan tugas dari guru, membuang sampah tidak pada tempatnya, tidak tertib saat antre, dan lain-lain. Oleh karena itu perlu adanya sebuah metode ataupun kegiatan yang dapat menstimulasi kedisiplinan pada anak yang disertai dengan kegiatan yang menarik bagi anak. Salah satu kegiatan tersebut yaitu kegiatan pembiasaan berbasis fun learning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Gambaran proses penerapan metode pembiasaan berbasis fun learning dalam proses pembelajaran anak usia dini kelas A KB Miftahul Hikmah Kabupaten Bandung; Kedisiplinan pada anak kelas A KB Miftahul Hikmah Kabupaten Bandung setelah diterapkan metode pembiasaan berbasis fun learning pada seluruh siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa kedisiplinan pada anak sangatlah penting karena kedisiplinan merupakan tolok ukur bagi perkembangan anak di masa mendatang. Untuk meningkatkan kedisiplinan anak diperlukan suatu kegiatan yang efektif dan menyenangkan, yaitu melalui kegiatan pembiasaan berbasis fun learning. Karena salah satu manfaat dari metode pembiasaan berbasis fun learning yaitu untuk meningkatkan kedisiplinan pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang mana pada setiap siklusnya terdapat dua tindakan. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek responden dalam penelitian ini yaitu anak kelas A KB Miftahul Hikmah Ibun Kabupaten Bandung dengan jumlah anak 11 orang yang terdiri dari enam orang anak laki-laki dan lima orang anak perempuan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembiasaan berbasis fun learning dapat meningkatkan kedisiplinan pada anak. Hal ini dapat dilihat dari kedisiplinan pada anak sebelum dilakukannya metode pembiasaan berbasis fun learning memperoleh nilai 1,80 dengan kategori Mulai Berkembang (MB), atau setara dengan nilai 37 pada skala 100/5 dengan kategori sangat kurang. Aktivitas guru pada penerapan metode pembiasaan berbasis fun learning dalam proses pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase ketercapaian sebesar 80% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II memperoleh persentase ketercapaian sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase ketercapaian sebesar 72,77% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus II memperoleh persentase ketercapaian sebesar 91,36% dengan kategori sangat baik. Kedisiplinan anak pada siklus I berdasarkan hasil perhitungan memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,58 dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan hasil dari siklus II dengan perolehan nilai rata-rata yaitu sebesar 3,30 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fun Learning; Kedisiplinan; Pembiasaan
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Zulfa Sitinurjanah Piaud
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:22
Last Modified: 01 Mar 2023 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64930

Actions (login required)

View Item View Item