Manajemen waktu perspektif al-Qur'an dalam peningkatan produktivitas hidup: studi tafsir tematik

Syahputra, Riswan Ramdhani (2023) Manajemen waktu perspektif al-Qur'an dalam peningkatan produktivitas hidup: studi tafsir tematik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen waktu dalam mengerjakan setiap kewajiban, hak atau pun keinginan yang ada pada segala bidang kehidupan manusia di dunia dengan tertata, sehingga tidak ada yang tertinggal salah satunya adalah suatu kewajiban bagi manusia. Namun demikian, pada kenyataanya masih menjadi permasalahan akan adanya orang-orang yang tidak dapat mengimbangi urusan dunia dengan akhiratnya, atau mengimbangi satu urusan dengan urusan lainnya yang sama-sama bersifat duniawi, dan ini tetap terjadi bahkan pada orang-orang yang paham akan manajemen waktu itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap penafsiran ayat-ayat tentang menejemen waktu, dengan memaparkan konsep manajemen waktu dari perspektif al-Qur’an, hingga menyelaraskannya dengan kehidupan manusia pada penerapan manajemen waktu dalam meningkatkan produktivitas hidup. Kajian tafsir yang penulis terapkan pada penelitian ini adalah tafsir maudlu’i (tematik) yang disusun oleh Ahmad al-Sayyid al-Kumy, yang ditulis dan dilengkapi oleh Abdul al-Hayy al-Farmawi. Metode yang penulis gunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kajian pustaka, dan teknik analisis data berupa deskriptif-analitis. Hasil dan pembahasan term yang digunakan pada penelitian ini dengan tema manajemen waktu ada 7 lafaz dan 15 penyebutan, term waqt 1 kali, term saa’ah 2 kali, term amadan 1 kali, term ajal 8 kali, term nahr 1 kali, term lail 1 kali, dan term ‘ashr sebanyak 1 kali, tercantum dalam 13 surah yang tersebar di 17 ayat. Konsep manajemen waktu dalam al-Qur’an menjelaskan tentang sebab (dunia), batas (ajal), dan akibat (akhirat). Implementasi manajemen waktu dalam hidup akan sangat berdampak pada kualitas hidup setiap pelakunya. Pada teori Sedarmayanti dijelaskan bahwa produktivitas menyangkut dua hal penting, yakni keinginan dan upaya untuk mencapai peningkatan produktivitas hidup dan setiap bidang penghidupan. Manajemen waktu akan berdampak besar pada segala bidang, implementasinya dapat digunakan dalam meningkatkan produktivitas bekerja sebagaimana dalam QS. an-Naba: 11 dan QS. Luqman: 29, produktivitas belajar sebagaimana dalam surah Luqman: 29 lalu berorganisasi dan beribadah sebagai tugas utama manusia di dunia kepada Allah Swt sebagaimana dalam surah al-Ashr, an-Nisa: 103 serta seluruh kegiatan tersebut terus dievaluasi agar berdampak lebih baik lagi sebagaimana dalam surah al-An’am: 60.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu; Saa'ah; Ajal; Waqt; 'Ashr; Amadan; Produktivitas.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Riswan Ramdhani Syahputra
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:20
Last Modified: 01 Mar 2023 06:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64940

Actions (login required)

View Item View Item