Nusifa, Lia Siti (2022) Penerapan metode Active Learning berbasis media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover-1.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-1.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1-1.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2-1.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3-1.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4-2.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Cianjur pada dasarnya guru mata pelajaran PAI telah menerapkan berbagai macam metode pembelajaran mulai presentasi, diskusi dan ceramah. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Peneliti hanya menemukan 6 orang yang mampu untuk memenuhi kriteria, maka dari itu peneliti tertarik untuk menerapkan metode active learning berbasis media power point dimana siswa ditekankan untuk lebih aktif dan berani dalam kegiatan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan :1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan Metode Active Learning berbasis Media Power Point pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Cianjur 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 1 Cianjur melalui penerpan Metode Active Learning berbasis Media Power Point. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran yang menyatakan bahwa salah satu factor penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah penerapan metode pembelajaran yang menarik salah satunya adalah Active Learning berbasis media Power Point. Active learning berbasis media Power Point sebagai salah satu cara menampilkan bahan pembelajaran dengan menampilkan slide dan video yang didalamnya terdapat materi pembelajaran. Adapun kelebihan dari metode dan media yang digunakan diantaranya menjadikan siswa lebih aktif dan merangsang siswa untuk mengetahui lebih jauh informasi mengenai materi yang disiapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasy eksperimen. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII C dan VIII F SMP Negeri 1 Cianjur. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, tes, studi dokumentasi. Data kualitatif di olah dengan penelitian logika dan data kuantitatif diolah dengan penelitian statistic.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerpan metode Active Learning berbasis media Power Point dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan terlaksana dengan baik berdasarkan hasil rata-rata observasi sebesar 74.1%. 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Active Learning berbasis media Power Point meningkat dengan kategori sedang berdasarkan N-Gain sebesar 0,32. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh t-hitung 5,673 dan t-tabel 2,03. maka terdapat peningkatan hasi belajar siswa yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; active based learning; media power point; Meningkatkan Hasil Belajar; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lia Siti Nursifa |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 07:27 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 08:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64944 |
Actions (login required)
View Item |