Penerapan bahasa jurnalistik pada media daring : Studi analisis teks harian umum galamedianews.com rubrik Persib edisi april - mei 2022

Alpian, Muhammad Nur (2022) Penerapan bahasa jurnalistik pada media daring : Studi analisis teks harian umum galamedianews.com rubrik Persib edisi april - mei 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

BahasaijurnalistikimerupakaniBahasa parairedaktur, pengelolaimediaimassa, dan wartawan dalamipenyusunan, penyajian, pemuatan, penyiaran, dan penayangan berita dengan melaporkan suatu peristiwa yang sebenarnya secara menarik, penting dan actual yang bertujuan untuk lebih dapat dimengerti dan dipahami isi dan maknanya. Dengan Bahasa Jurnalistik yang efektif, berita atau informasi yang diberikan dapat dipahami masyarakat. Dalam penulisan tersebut juga menunjukan kredibilitas seorang wartawan serta medianya. Dalam Bahasa Jurnalistik, penjelasan harus dengan sederhana, padat, singkat, jelas dan lugas namun tetap harus memukau, hal tersebut harus mencukupi pada Bahasa jurnalistik untuk mengingat media massa agar dikhayati oleh khalayak yang berbeda tingkat pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami Bahasa jurnalistik dengan padat, singkat, dan juga sederhana dalam menuliskan sebuah berita rubrik Persib pada Daring Harian Umum Galamedianews.com pada Rubrik Persib edisi April – Mei 2022. Teori yang di gunakan dalam penelitian menggunakan teori analisis wacana dengan metode penelitian kualitatif. Analisis tersebut digunakan untukimenganalisis bahasa,itulisan,ipidato, percakapan, baikipercakapan verbalimaupuninon-verbal. Pegumpulan dataiyang digunakan adalahiobservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Galamedianews.com pada Rubrik Persib Edisi April – Mei 2022 meninjau dari kaidah bahasa jurnalistik singkat, ada 26 berita termasuk dalam kategori bahasa jurnalistik singkat karena dalam pengisiannya, tidak terlalu banyak namun isi berita mudah dipahami masyarakat awam, Sementara 4 berita lainnya tidak termasuk dalam kategori bahasa jurnalistik singkat karena jumlah kolom yang banyak namun isi berita menjadi berulang-ulang yang menjadikan isi berita tersebut menjadi mubazir dan pemborosan kata. Ditinjau dari kaidahibahasa jurnalistikisederhana, 30iberita menerapkanikaidah bahasaijurnalistikisederhana. Sedangkanidari kaidahibahasa jurnalistikipadat, 30iberitaimenerapkanikaidahibahasa jurnalistikipadatisarat informasi, kalimatiefektif, danihemat kataisertaimenerapkaniprinsip 5W 1H.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media daring; Bahasa Jurnalistik; Berita Olahraga
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Alfian
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:46
Last Modified: 02 Mar 2023 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64961

Actions (login required)

View Item View Item