Partisipasi Karang Taruna dalam pengembangan karir pemuda melalui unit teknis: Studi kasus pada pengurus Karang Taruna di Kabupaten Bandung Barat

Arifin, Jaenal (2022) Partisipasi Karang Taruna dalam pengembangan karir pemuda melalui unit teknis: Studi kasus pada pengurus Karang Taruna di Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Pemuda ialah salah satu aset yang terdapat di suatu negara termasuk Indonesia. Aset ini adalah aset penting yang tidak dapat dinilai harganya. Salah satu faktor kemajuan atau kemunduran suatu bangsa dilihat dari peran pemuda nya sebagai generasi penerus bangsa. Berdasarkan Undang-Undang No 40 tahun 2009, Kepemudaan ialah segala sesuatu yang berhubungan dengan tanggung jawab, potensi, karakter, aktualisasi diri, hak, cita-cita dan kapasitas pemuda. Pemerintah menyediakan wadah salah satunya karang taruna dalam menampung para pemuda. Tujuan penelitian ini untuk membahas mengenai 1) partisipasi karang taruna dalam pengembangan karir, 2) faktor yang mempengaruhi keberhasilan karang taruna. Untuk mengetahui lebih dalam partisipasi karang taruna dalam pengembangan karir melalui unit teknis. Penelitian ini menggunakan teori dari Talcott Parsons tentang Teori Struktural Fungsional yang menyatakan bahwa dalam suatu kehidupan dapat diibaratkan sebuah organisme hidup yang terdiri dari beberapa bagian, begitupun dalam struktur masyarakat, penyelesaian maslaah ini menggunakan konsep AGIL di mana “fungsi merupakan kegiatan kompleks yang diarahkan kepada pemenuhan suatu kebutuhan atau kebutuhan-kebutuhan sistem itu.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang didapat melalui sumber primer yang didapat dari beberapa pengurus Karang Taruna dan juga sumber sekunder yang diperoleh dari beberapa dokumentasi dan data pendukung dari profil dan dokumentasi lainnya. Teknik mengumpulkan data oleh Peneliti melalui observasi, wawancana dan dokumentasi. Teknis analisis data oleh Peneliti ini menggunakan teknis analisis data versi Sugiyono yang langkah-langkahnya sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini dimana Karang Taruna telah berpartisipasi dengan memberikan andil yang cukup banyak dalam membantu pengembangan karir pemuda di lingkungan Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat. Setidaknya ada tiga faktor yang mampu mendorong keberhasilan program diantaranya profesionalisme pengurus, kerjasama dengan instansi, dan antusias anggota. Hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa partisipasi Karang Taruna dalam pengembangan karir tentu dapat terbantu dan menambah produktivitas pemuda dalam mengembangkan kemampuan yang disediakan dari beberapa program kerja melalui unit teknis, sehingga hal ini di kemudian hari akan sangat bermanfaat untuk pemuda karang taruna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Karang Taruna; Unit Teknis
Subjects: General Organizations, Foundations
Humankind
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Jaenal Arifin
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:10
Last Modified: 03 Mar 2023 08:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64975

Actions (login required)

View Item View Item