Strategi media cetak di tengah pandemi

Arrasyid, Anggi Harun (2022) Strategi media cetak di tengah pandemi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan revolusi industri sudah terjadi di berbagai aspek kehidupan menimbulkan efek ketergantungan manusia terhadap teknologi sehingga peran media yang tergolong konvensional seperti koran semakin tersisihkan oleh media daring dengan efektifitas dan efesiensi yang mudah diakses masyarakat. Di tengah persaingan media cetak dengan online, kini muncul masalah baru yakni virus covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi media cetak bertahan di tengah pandemi khususnya Radar Bandung. Penelitian ini menggunakan teori manajemen konsep strategi oleh Totok Djuroto (2004:18). Teori ini menjelaskan bahwa manajemen media pers mencakup 4 bidang yaitu, bidang redaksi, bidang percetakan, bidang manajemen, dan bidang percetakan. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif, dengan metode ini peneliti dapat memaparkan kejadian yang ada dilapangan untuk lebih menggali serta mengklarifikasi fenomena yang akan diteliti dengan cara mendekripsikan sejumlah variable yang berkaitan dengan masalah serta unit yang akan diteliti. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi media cetak yang dilakukan Radar Bandung mampu membuat inovasi baru melalui lipsus (liputan khusus). Strategi yang dilakukan secara keseluruhan sudah berjalan efektif, hanya saja dalam unsur perubahan desain pada pengemasan konten instagramnya, dirasa kurang menarik. Mengingat Radar Bandung berhasil melakukannya di Tiktok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi;media cetak;Radar Bandung
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Anggi Harun Arrasyid
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:24
Last Modified: 02 Mar 2023 04:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64983

Actions (login required)

View Item View Item