Pengelolaan zakat konsumtif di UPZ Masjid Jami Nurul Falah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor dalam undang undang RI nomor 23 tahun 2011

Rifaí, Ahmad (2023) Pengelolaan zakat konsumtif di UPZ Masjid Jami Nurul Falah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor dalam undang undang RI nomor 23 tahun 2011. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan merupakan satu kesatuan dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengumpulan, pendayagunaan dan pendistribusian zakat. Penghimpunan yang cerdas. Pada masa sekarang nyisihkan sebahagian dananya untuk sesama. Selain itu amil harus pintar melangkah strategi penghimpunan yang tradisional sudah tidak dapat dipergunakan lagi, yaitu strategi penghimpunan yang hanya tunggu bola, menunggu datangnya muzakki datang ke tempat amil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertama, bagaimana pengelolaan zakat konsumtif di UPZ Masjid jami nurul falah.kedua, bagaimana pengelolaan zakat konsumtif di UPZ Masjid jami nurul falah dalam undang undang ri no 23 tahun 2011. Pengelolaan Zakat Konsumtif Di Masjid Jami Nurul Falah kec. Cibinong Dalam kerangka pengelolaan zakat, UPZ Masjid Jami Nurul Falah kec. Cibinong berpedoman pada UU No 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat . pengelolaan zakat adalah kegiatan merencanakan pelaksanaan ,dan mengkordinasikan dalam hal pengumpulan zakat dan mendistribusikan dalam pendayagunaan zakat. UU No 23 Tahun 2011 , memberikan kepastian hukum bagi UPZ Masjid Jami Nurul Falah kecamatan cibinong sebagai amil untuk mengelola zakat menjadi lebih baik untuk mencapai tujuan zakat itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan pendekatan normative yuridis agar memperoleh data yang akurat dan lengkap mengenai pengelolaan zakat konsumtif di UPZ Masjid Jami Nuurul falah Kecamatan cibinong Kabupaten Bogor,Teknik analisis data yang di gunakan ialah pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara, studi Pustaka dan dekomentasi. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukan bahwa 1. Pengelolaan zakat konsumtif di UPZ Masjid jami nurul falah kecamatan cibinong kabupaten bogor yakni tujuannya untuk membantu masyarakat dalam segi perekonomiannya.2. untuk pelaksanaan UU No.23 tahun 2011 di UPZ Masjid Jami Nurul Falah yakni telah memenuhi syarat atau legalitas dari BAZNAS Kabupaten Bogor.dalam pasal 38 dimana Lembaga harus memiliki legalitas atau Surat Keputusan (SK) dari BAZNAS kabupaten bogor. Maka dari itu UPZ Masjid Jami Nurul Falah sudah sesuai dengan ketentuan UU No.23 tahun 2011.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Pengelolaan Zakat; UU No 23 Tahun 2011
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: ahmad rifai
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:10
Last Modified: 02 Mar 2023 06:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64989

Actions (login required)

View Item View Item