Rancang bangun sistem otomatisasi pakan dan monitoring kualitas air pada akuarium ikan Louhan berbasis Internet Of Things

Putra, M. Alfarezi (2023) Rancang bangun sistem otomatisasi pakan dan monitoring kualitas air pada akuarium ikan Louhan berbasis Internet Of Things. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan budidaya ikan hias di Indonesia mengalami kemajuan yang terus meningkat terutama pada ikan hias air tawar. Salah satu ikan hias air tawar yang diminati banyak orang adalah ikan louhan. Dalam perkembangannya, kegiatan pemeliharaan ikan louhan sering kali terdapat kendala dan memerlukan ketekunan dalam menjaganya agar dapat tumbuh baik dan sehat. Pemberian pakan pada ikan louhan secara teratur menjadi sesuatu yang penting karena menentukan nutrisi bagi tumbuh kembangnya. Permasalahan umum yang sering dijumpai pada pemelihara ikan louhan merupakan tidak adanya waktu, memiliki kesibukan lain dan berada pada posisi yang jauh sehingga tidak memungkinkan untuk selalu memberi pakan dan melakukan pemantauan. Maka dari itu, penelitian ini merancang sebuah sistem pemberian pakan otomatis dan monitoring kualitas air pada akuarium ikan louhan dengan menggunakan mikrokontroller dari ESP32 yang kemudian diintegrasikan dengan Modul Real-Time Clock DS3231, Sensor Suhu DS18B20, Sensor pH-4502C, Sensor TDS-SEN0244, Motor Servo SG-90, Relay, Buzzer, Heater¸ Liquid Crystal Display, dan komponen elektronika lainnya. Hasil penelitian untuk pengujian pada sistem otomatisasi pakan, yaitu ketepatan Modul Real-Time Clock didapatkan jeda waktu sebesar 10 detik dan sistem pergerakkan Motor Servo dapat mengeluarkan bobot pakan rata-rata sebesar 0,072 gram dalam 1 kali putaran motor dengan sudut 150° dan delay waktu sebesar 1 detik. Hasil pengujian pada sistem monitoring kualitas air, dilakukan pada tiga variabel indikator yaitu suhu, derajat keasaman (pH), dan jumlah zat terlarut (TDS) dalam air yang memiliki rata-rata tingat kesalahan error terbilang kecil. Hasil pengujian heater dalam menstabilkan suhu akuarium, memiliki rata-rata rentang waktu heater pada kondisi menyala sampai dengan mati mencapai 13,11 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ESP32; Pakan; Internet of Things; Louhan
Subjects: Applied Physics > Electrical Engineering
Applied Physics > Electronics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: M. Alfarezi Putra
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:00
Last Modified: 02 Mar 2023 07:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64999

Actions (login required)

View Item View Item