Peran ekstrakurikuler Jurnalistik kepada peserta didik di sekolah menengah atas: Studi deskriptif kualitatif pada ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Kartika XIX-3 Kota Bandung

Maolana, Muhammad Rifqi (2022) Peran ekstrakurikuler Jurnalistik kepada peserta didik di sekolah menengah atas: Studi deskriptif kualitatif pada ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Kartika XIX-3 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Jurnalistik adalah suatu ilmu yang menekankan kepada para praktisinya untuk bisa mencari, mengolah, dan menyebarkan berita semenarik mungkin agar khalayak dapat tertarik pada berita, kemampuan untuk mengulik informasi sangat dibutuhkan untuk kualitas. Maka, pada masa kini pengalaman jurnalistik dimulai lebih awal tidak hanya dikaji pada masa perkuliahan. Sekolah Menengah juga banyak memperkenalkan jurnalistik dalam bentuk ekstrakurikuler. SMA Kartika menjadi salah satu sekolah yang menjadikan ekstrakurikuler jurnalistik sebagai Pendidikan nonformal peserta didik untuk memoles keahliannya dalam menulis berita dan kemampuan orasi didepan umum. Tujuan penelitian ini berpusat pada ekstrakurikuler jurnalistik SMA Kartika XIX-3 kota Bandung dalam proses juga bentuk dan, pemahaman anggota ekstrakurikuler mengenai kejurnalistikan, serta bagaimana respon peserta didik SMA Kartika XIX-3 kota Bandung terhadap majalah dinding sebagai sarana pemberian informasi di sekolah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi Harold Laswell ditunjang dengan konsep Fraser bond tentang empat fungsi Jurnalistik, dengan tujuan mencari proses Komunikasi yang terjadi di SMA Kartika melalui media majalah dinding sebagai pemberian informasi peserta didiknya. Sumber data Primer diambil dari 11 yang semuanya berada dalam ruang lingkup sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi dengan pendekatan kualitatif, yang menggunakan latar alamiah sebagai sumber data langsung, dengan menggunakan studi deskriptif sebagai penjelasan atas gambaran yang terjadi sebenarnya di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini dijabarkan menjadi tiga bagian. Pertama, proses kegiatan ekstrakurikuler tersusun secara rapi untuk satu periode dari hasil rapat awal tahun para anggotanya beserta Pembina. Kedua, para anggota memahami kejurnalistikan secara umum dan akan terus bertambah wawasannya dikarenakan kajian mingguan ekstrakurikuler tersebut. Ketiga, tanggapan peserta didik terhadap informasi majalah dinding di sekolah mendapatkan respon yang positif karena mereka dapat menambah wawasan dari majalah dinding tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Informasi; ekstrakurikuler;peserta didik.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Rifqi Maolana
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:39
Last Modified: 02 Mar 2023 03:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65001

Actions (login required)

View Item View Item