Stabilitas masyarakat pasca pembangunan Lembah Karmel : Studi deskriptif pembangunan Lembah Karmel, Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Rendaka, Muhammad Refasatya (2023) Stabilitas masyarakat pasca pembangunan Lembah Karmel : Studi deskriptif pembangunan Lembah Karmel, Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Stabilitas sosial merupakan keadaan atau kondisi masyarakat yang dapat dikatakan seimbang dengan berbagai unsur yang berkaitan satu sama lain, seperti keadaan ekonomi, pendidikan, politik, budaya dan sebagainya. Salahsatu yang menjadi topik pada penelitian ini yaitu mengenai stabilitas masyarakat desa Cikanyere pasca Pembangunan Lembah Karmel. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana dampak pembangunan Lembah Karmel terhadap stabilitas masyarakat. Skripsi ini membahas stabilitas masyarakat pasca pembangunan Lembah Karmel dengan fokus analisis pada masyarakat sekitar Lembah Karmel yaitu masyarakat desa Cikanyere, kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk memahami dan mencari tahu serta mengetahui dampak yang terjadi akibat adanya pembangunan Lembah Karmel di Desa Cikanyere, mengetahui stabilitas masyarakat pasca pembangunan Lembah Karmel di Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur dan mengetahui perubahan sosial yang terjadi pasca pembangunan Lembah Karmel di Desa Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Parsons mengatakan dalam sistem untuk mencapai keseimbangan atau equilibrium setidaknya ada 4 komponen yang harus dipenuhi yaitu Adaptation (adaptasi), Goal (Tujuan), Integration (Integrasi), Latency (pemeliharaan pola). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan menjelaskan, menggambarkan, mengungkapkan, serta menerangkan keadaan dilapangan berdasarkan dengan data yang diperoleh yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dan wawancara. Kemudian teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan yang terjadi di masyarakat pasca pembangunan Lembah Karmel itu bersifat tidak dominan dan tidak kearah negatif dan tidak menyebabkan stabilitas masyarakat terganggu. Hal ini dibuktikan dengan penerimaan masyarakat dengan adanya Lembah Karmel ini. Dampak yang terjadi pasca adanya Lembah Karmel ini yaitu, terciptanya lapangan pekerjaan baru, menaikan perekonomian warga sekitar, dan adanya bantuan sembako dari pihak Lembah Karmel. Hal ini yang membuat Lembah Karmel sampai saat ini masih berdiri dan berdampingan dengan warga sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial; Stabilitas Sosial; Pembangunan
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Refasatya Rendaka
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:34
Last Modified: 03 Mar 2023 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65059

Actions (login required)

View Item View Item