Pengembangan modul elektronik berbantuan aplikasi lectora inspire untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa

Sari, Tasya Laila (2022) Pengembangan modul elektronik berbantuan aplikasi lectora inspire untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan penalaran matematis siswa yang masih perlu ditingkatkan dan belum tersedianya sumber belajar yang sesuai untuk memfasilitasi kemampuan tersebut. Adapun modul elektronik berbantuan aplikasi Lectora Inspire dapat menjadi salah satu solusi dalam memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Proses pengembangan modul elektronik berbantuan aplikasi Lectora Inspire materi aritmatika sosial, validitas, efektifitas dan praktikalitas modul elektronik berbantuan aplikasi Lectora Inspire. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain model ADDIE. Subjek pada penelitian kali ini adalah siswa kelas VII-4 MTs Al Tsaqafah Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes kemampuan penalaran matematis siswa, angket validasi ahli materi dan media serta angket praktikalitas siswa. Hasil pada penelitian ini adalah pengembangan modul elektronik berbantuan aplikasi Lectora Inspire yang dibuat peneliti telah sesuai dengan tahapan model ADDIE, sehingga modul elektronik ini dapat diterapkan pada proses pembelajaran matematika. Hasil uji validitas modul elektronik berbantuan aplikasi Lectora Inspire memperoleh kriteria sangat valid yang berarti modul elektronik dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Modul elektronik berbantuan aplikasi Lectora Inspire memperoleh kriteria efektif. Hasil uji praktikalitas modul elektronik berbantuan aplikasi Lectora Inspire memperoleh kriteria sangat praktis, sehingga hal ini menunjukkan bahwa modul elektronik mendapat respon baik dan dinyatakan layak untuk dipublikasikan dan digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik; Lectora Inspire; Penalaran Matematis
Subjects: Arithmetics
Analysis, Theory of Functions
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tasya Laila Sari
Date Deposited: 03 Mar 2023 04:21
Last Modified: 03 Mar 2023 04:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65093

Actions (login required)

View Item View Item