Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Total Asset Turn Over (TATO) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Adhi Karya (Persero) Tbk periode 2012-2021

Miranti, Puspa (2022) Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Total Asset Turn Over (TATO) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Adhi Karya (Persero) Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi nilai Return On Asset yang mengalami fluktuatif, sedangkan sebagaimana yang diketahui profitabilitas merupakan tolak ukur keberhasilan perusahaan dalam mengelola perusahaan. Maka peneliti melakukan penelitian yang diduga dapat mempengaruhi Return On Asset yaitu Operating Profit Margin dan Total Asset Turn Over karena kedua rasio ini terdapat komponen-komponen yang dapat mempengruhi laba yang dihasilkan perusahaan seperti kas, pajak, penjualan, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Operating Profit Margin (OPM) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) dan pengaruh Operating Profit Margin dan Total Asset Turn Over (TATO) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Periode 2012-2021. Kerangka berpikir dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara Operating Profit Margin dan Total Asset Turn Over terhadap Return On Asset, artinya apabila Operating Profit Margin dan Total Asset Turn Over naik maka Return On Asset akan ikut naik begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk periode 2012-2021. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis asosiatif berupa analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Operating Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset karena berdasarkan perhitungan thitung<ttabel (-0,758<2,306) dengan signifikansi 0,47>0,05 dan hasil koefisien determinasi sebesar 6,7%. Total Asset Turn Over secara parsial berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Return On Asset karena berdasarkan perhitungan thitung>ttabel (8,607>2,306) dengan signifikansi 0,000<0,05 dan hasil koefisien determinasi sebesar 90,3%. Kemudian, Operating Profit Margin dan Total Asset Turn Over secara simultan berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Return On Asset karena berdasarkan perhitungan Fhitung>Ftabel (81,361>4,74) dengan signifikansi 0,000<0,05 dan hasil koefisien determinasi sebesar 95,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Operating Profit Margin; Total Asset Turn Over; Return On Asset;
Subjects: Administration of Economy
Commerce, Trade
Accounting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Puspa Miranti
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:57
Last Modified: 03 Mar 2023 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65103

Actions (login required)

View Item View Item