Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial : Penelitian di BUMDes Wibawa dan Masyarakat Desa Tangkil Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi

Sopiullah, Muhamad Ega (2022) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial : Penelitian di BUMDes Wibawa dan Masyarakat Desa Tangkil Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Setiap desa memiliki Badan Usaha Milik Desa mereka sendiri. Kemudian BUMDes ini tentunya mempunyai peran. Salah satu peran BUMDes adalah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat maupun Desa.Salah satu BUMDes yang ada di Indonesia adalah BUMDes Wibawa yang berada di Desa Tangkil. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya BUMDes Wibawa Desa Tangkil. Kemudian untuk mengetahui peran BUMDes Wibawa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Teori yang dipakai adalah teori peran menurut Leslie L. Hemphil menyatakan, bahwa dengan munculnya peran, dan ekspektasi yang mempertahankan perilaku peran dalam konteks tertentu. Artinya bahwa peran itu harus dilihat dari beberapa segi, yakni yang melatarbelakangi munculnya peran pada diri seseorang atau lembaga. Seseorang atau lembaga harus melihat harapan masyarakat terhadap dirinya agar peran yang melekat pada diri seseorang atau pada Lembaga itu dapat dilaksanakan semestinya dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi dan situasi atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada dimasyarakat yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukandengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data digunakan dengan reduksi data dan penafsiran logika yang dihubungkan dengan kontek Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang BUMDes Wibawa hadir di Desa Tangkil dikarenakan mengikuti anjuran dari pemerintah pusat bahwa setiap desa dianjurkan ada BUMDes untuk meningkatkan pendapatan ekonomi desa dan masyarakat. Kemudian peran BUMDes Wibawa dalam mensejahterakan masyarakat, BUMDes Wibawa melakukan pemberdayaan masyarakat, seperti pemberdayaan pemuda, pemberdayaan petani, pemberdayaan usaha mikro masyarakat, serta BUMDes Wibawa memiliki unit-unit usaha untuk meningkatkan pendapatan desa dan masyarakat seperti unit usaha penyewaan alat acara hajatan dan penyewaan alat pembangunan. Hasil tersebut sudah sesuai dengan teori peran dan konsep peran BUMDes di Desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; BUMDes; Kesejahteraan
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: muhamad ega sopiullah
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:39
Last Modified: 03 Mar 2023 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65104

Actions (login required)

View Item View Item