Hubungan antara aktivitas anak pada permainan Mystery Box dengan kemampuan bercerita anak usia dini: Penelitian kuantitatif di RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya

Avissany, Cendikia (2023) Hubungan antara aktivitas anak pada permainan Mystery Box dengan kemampuan bercerita anak usia dini: Penelitian kuantitatif di RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di kelompok B RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya yang menunjukkan adanya kesenjangan antara tingginya aktivitas anak pada permainan mystery box dengan rendahnya kemampuan bercerita anak usia dini. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas anak pada permainan mystery box yang sangat antusias, namun di sisi lain kemampuan bercerita anak masih mengalami kesulitan, terutama pada kemampuan menyusun kosakata, mengungkapkan gagasan, serta mengatur volume suara agar terdengar orang lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas anak pada permainan mystery box di kelompok B RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya; 2) Kemampuan bercerita anak usia dini di kelompok B RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya; dan 3) Hubungan antara aktivitas anak pada permainan mystery box dengan kemampuan bercerita anak usia dini di kelompok B RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa permainan mystery box dapat menunjang kemampuan bercerita anak usia dini. Sejalan dengan hal tersebut, Ariska dan Suyadi berpendapat bahwa mystery box memiliki hubungan dengan kemampuan berbahasa anak. Kemampuan tersebut meliputi kegiatan bercerita, pembendaharaan kosakata, menyimak, berfikir, dan mengumpulkan informasi. Oleh karena itu diketahui bahwa antara aktivitas anak pada permainan mystery box dengan kemampuan bercerita anak memiliki hubungan yang positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Karena populasi di kelompok B RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya kurang dari 30 anak, maka penulis mengambil seluruh populasi sebagai subjek penelitian, yakni sebanyak 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis parsial, uji normalitas dan analisis korelasi. Hasil analisis terhadap aktivitas anak pada permainan mystery box diperoleh nilai rata-rata 76, berada pada interval 70-79 yang berarti baik. Pada data kemampuan bercerita anak usia dini diperoleh nilai rata-rata 77, berada di interval 70-79 yang berarti baik. Nilai hubungan antara kedua variabel tersebut diperoleh melalui rumus product moment, nilai r hitung sebesar 0,845 berada pada skala 0,800-1,000 dengan kategori sangat kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh harga t hitung = 6,125 dan t tabel = 1,761, harga t hitung = 6,125 > ttabel = 1,761 yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas anak pada permainan mystery box dengan kemampuan bercerita anak usia dini di RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian diketahui koefesien determinasinya sebesar 71%. Dengan demikian, 29% kemampuan bercerita anak usia dini di kelompok B RA Ali Bin Abi Thalib Kabupaten Tasikmalaya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini; permainan mystery box; kemampuan bercerita anak.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Cendikia Avissany
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:41
Last Modified: 27 Mar 2023 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65116

Actions (login required)

View Item View Item