Manajemen pelayanan administrasi kesiswaan hubungannya dengan kepuasan siswa: penelitian di MTsN 1 dan MTsN 2 Kita Bandung

Robiatul A, Neta Sahraze (2022) Manajemen pelayanan administrasi kesiswaan hubungannya dengan kepuasan siswa: penelitian di MTsN 1 dan MTsN 2 Kita Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga pendidikan sebagai penyedia layanan jasa, maka masalah manajemen pelayanan perlu ada dalam dunia pendidikan. Kualitas Pelayanan menjadi salah satu bagian penting yang harus diusahakan oleh setiap lembaga pendidikan. Administrasi kesiswaan menjadi salah satu elemen utama dengan berdirinya sekolah. bagian ini merupakan hal yang mengatur berbagai administrasi yang diperlukan oleh siswa selama siswa itu masuk sampai nanti keluar. Adapun tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui: 1) Manajemen Pelayanan Administrasi Kesiswaan di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung, 2) Tingkat Kepuasan Siswa di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung, 3) Manajemen Pelayanan Administrasi Kesiswaan Hubungannya Dengan Kepuasan Siswa di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung. Manajemen pelayanan administrasi kesiswaan memiliki indikator bukti fisi, keandalan, daya tanggap, jaminandan empati. Indikator dari kepuasan siswa Kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali dan kesediaan merekomendasikan. Adapun hipotesis penelitian ini merupakan H1 = Terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen pelayanan administrasi kesiswaan dengan kepuasan siswa di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menyebar angket/kuesioner. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan uji instrumen, analisis statistik, analisis korelasi, uji koefisien korelasi, dan uji koefisen determinasi (kontribusi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan administrasi kesiswaan di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung dinilai cukup baik. Nilai rentang interval berda pada 2,60 – 3,39 dengan rata rata nilai 3,09. Kepuasan siswa pada MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung mendapatkan hasil tinggi. Varibel ini berada pada rentang interval 3,40 – 4,19 yaitu dengan nilai rata rata 3,43. Hasil yang diperoleh dari korelasi manajemen pelayanan administrasi kesiswaan berhubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa pada MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung dengan 0,000 menjadi nilai signifikasi. Dengan demikian, 0,000<0,05 menunjukkan adanya hubungan antara manajemen pelayaana administrasi kesiswaan dengan kepuasan siswa. Berdasarkan kajian terhadap hasil perhitungan koefisien korelasi didapatkan skor 0,492. Karena berada pada kisaran 0,40 sampai 0,59, nilai ini berada pada level yang sedang. Kemudian diperoleh nilai koefisien determinasi R kuadrat sama dengan 0,234. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel manajemen pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan siswa adalah 23,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen pelayanan administrasi; kepuasan siswa
Subjects: General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Neta Sahraze Robiatul A
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:26
Last Modified: 06 Mar 2023 01:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65117

Actions (login required)

View Item View Item