Tinjauan Maqashid Syariah tentang perbedaan sanksi bagi pengguna dan pengedar narkoba dalam Pasal 112 dan 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 serta menurut Hukum Pidana Islam

Melinda, Mitta Sania (2022) Tinjauan Maqashid Syariah tentang perbedaan sanksi bagi pengguna dan pengedar narkoba dalam Pasal 112 dan 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 serta menurut Hukum Pidana Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba (narkotika, psikotropika,obat-obatan,dan bahan adiktif lainnya), telah mewabah di seluruh dunia. Dalam hal ini peredaran dan penyalahgunaa narkoba merupakan penggunaan yang bukan bertujuan untuk pengobatan melainkan untuk menikmati pengaruh dari narkoba yang dipakai berlebihan yang di dapatkan tanpa resep dari dokter dan ahlinya atau bisa dikatakan penggunaan secara illegal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Sanksi bagi pengguna dan pengedar narkoba pada pasal 112- 114 UU No 35 Tahun 2009. 2) Sanksi bagi pengguna dan pengedar narkoba menurut Hukum Pidana Islam. 3) Tinjauan Maqashid Syariah tentang perbedaan sanksi bagi pengguna dan pengedar narkoba dalam pasal 112-114 Undang-Undang No 35 Tahun 2009 dan menurut Hukum Pidana Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber primer dalam penelitian ini diperoleh dari buku-buku dan perundang-undangan yang berkaitan dengan pembahasan mengenai hukum islam dan narkoba. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan informasi dan data dilakukan dengan menelaah bahan-bahan pustaka yang relevan dengan topik yang dibahas, dan diolah dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Sanksi bagi pengguna dan pengedar narkoba menurut pasal 112-114 ialah pidana denda dan penjara. 2) Sanksi bagi pengguna narkoba dalam prespektif hukum pidana islam yaitu had dan takzir. 3) Dalam tinjauan maqashid syari’ah menjelaskan perbuatan menggunakan dan mengedarkan narkoba ialah dilarang karena dapat merusak akal. Penjatuhan sanksi hukuman bagi keduanya tergantung jenis danberat narkoba yang disalahgunakan dan tergantung proses peradilan juga putusan hakim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Narkoba; Sanksi; Hukum Pidana Islam; Undang-Undang.
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Mitta Sania Mellinda
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:06
Last Modified: 03 Mar 2023 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65119

Actions (login required)

View Item View Item