Sanksi tindak pidana bagi pelaku kekerasan terhadap anak perspektif Hukum Pidana Islam : Analisis putusan no : 136/Pid.B/2014/Pn. Grt

Lestari, Anita Widia (2023) Sanksi tindak pidana bagi pelaku kekerasan terhadap anak perspektif Hukum Pidana Islam : Analisis putusan no : 136/Pid.B/2014/Pn. Grt. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Tindak pidana kekerasan terhadap anak menurut Pasal 80 ayat (1) Undang-Undang No 23 Tahun 2002 bahwa perbuatan kekerasan terhadap anak diancam dengan pidana penjara selama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan dan denda sebesar Rp72.000,000,00. Sementara itu dalam Dalam Putusan No : 136/Pid.B/Pn.Grt hukuman yang didapatkan pelaku jauh lebih rendah dari pada Pasal terkait, dalam wilayah Jinayah pelaku kekerasan atau penganiayaan termasuk kepada jarimah qisas/diyat, ta’zir dan selanjutnya akan dipecah mengenai pembagian-pembagian dalam wilayah penganiayaan untuk selanjutnya diketahui jenis hukuman. Penelitian ini bertujuan untuk memahami serta meninjau lebih dalam tentang pertimbangan Hakim dalam Putusan No : 136/Pid.B/Pn.Grt mengenai tindak pidana kekerasan terhadap anak, mengetahui perspektif jinayah terhadap unsur-unsur tindak pidana dalam putusan tersebut, serta perspektif hukum pidana Islam terhadap putusan tersebut. Teori-teori yang digunakan adalah yang berkaitan dengan kekerasan terhadap anak atau penganiayaan. Untuk menunjang permasalahan terdapat teori-teori mengenai unsur-unsur tindak pidana, teori mengenai kekerasan pengertian serta dasar hukum mengenai kekerasan tersebut, teori-teori tentang jinayah teori pemidanaan dan tujuan pemidanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data library research (kepustakaan). Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif sebagai pendekatannya. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dari kitab-kitab Fiqh Jinayah dan Undang-Undang tentang perlindungan anak dan data sekunder yaitu buku-buku yang berhubungan dengan teori penganiayaan. Penelitian ini menunjukkan bahwasanya pertimbangan Hakim dalam putusan No :136/Pid.B/Pn.Grt telah memenuhi unsur-unsur dari pada perbuatan tersebut, menimbang keadaan yang memberatkan dan meringankan, dengan demikian terdakwa di hukum dengan pidana penjara 9 bulan dan denda Rp1.000,000,00. Terhadap unsur-unsur tindak pidana dalam putusan tersebut perspektif jinayah termasuk kepada unsur-unsur khusus, namun apabila ditinjau mengenai unsur-unsur umumnya dalam tindak pidana yang terjadi telah memenuhi unsur-unsur tersebut. Sementara dalam putusan tersebut perspektif jinayah masuk pada sanksi diyat dan ta’zir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana; Kekerasan; Jinayah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Anita Widia Lestari
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:33
Last Modified: 03 Mar 2023 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65120

Actions (login required)

View Item View Item