Penerapan bahasa Jurnalistik pada media online: Studi deskriptif mengenai penggunaan bahasa Jurnalistik dalam Berita Ekonomi Bisnis.com edisi April 2022

Putri, Anissa (2022) Penerapan bahasa Jurnalistik pada media online: Studi deskriptif mengenai penggunaan bahasa Jurnalistik dalam Berita Ekonomi Bisnis.com edisi April 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy

Abstract

Kredibilitas dan kualitas media berita dapat ditentukan oleh tatanan bahasa jurnalistik yang tidak dapat dibedakan dengan bahasa Indonesia. Namun, penggunaan pilihan kata yang sesuai dengan bahasa jurnalistik yang tepat dan dapat diterima di media online masih merupakan keterampilan yang kurang dimiliki oleh banyak jurnalis dan media saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu penggunaan bahasa jurnalistik tidak komunikatif, bahasa jurnalistik tidak spesifik, bahasa jurnalistik tidak hemat kata, dan bahasa jurnalistik tidak jelas makna pada berita ekonomi Bisnis.com edisi 1-30 April 2022. Penelitian ini menggunakan konsep bahasa jurnalistik menurut Kunjana Rahardi sebagai landasan penelitian, diantaranya adalah komunikatif, spesifik, hemat kata, serta jelas makna. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif, metode ini menyajikan dengan berbentuk naratif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini ialah paradigma konstruktivisme. Berdasarkan dari hasil dari penelitian, dari 15 berita yang diteliti, penggunaan bahasa jurnalistik menurut konsep Kunjana Rahardi belum dapat diterapkan dengan baik pada ekonomi Bisnis.com edisi 1-30 April 2022. Penggunaan bahasa jurnalistik yang tidak komunikatif paling banyak ditemukan, yakni sebanyak 50 kesalahan dalam 14 berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Berita Ekonomi; Bisnis.com.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Language
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Anissa Putri
Date Deposited: 03 Mar 2023 05:21
Last Modified: 03 Mar 2023 06:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65138

Actions (login required)

View Item View Item