Literasi media sosial dalam masyarakat desa: Studi mengenai kemampuan literasi media sosial di kalangan remaja dusun Depok desa Jatisari kecamatan Tanjungsari kabupaten Sumedang

Fitriani, Nindy Shafira (2022) Literasi media sosial dalam masyarakat desa: Studi mengenai kemampuan literasi media sosial di kalangan remaja dusun Depok desa Jatisari kecamatan Tanjungsari kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya fenomena media sosial dijadikan bahan literasi pada remaja di Dusun Depok. Anak remaja lebih sering mengakses media sosial untuk dijadikan bahan literasi dibandingkan membaca dari buku-buku. Saat ini remaja mudah mengakses media sosial secara bebas sesuai yang mereka inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kemampuan literasi media sosial di kalangan remaja Dusun depok, mengetahui media sosial dijadikan sarana yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan literasi kalangan remaja di Dusun Depok dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi Media Sosial di Dusun Depok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori dari Literasi Media itu sendiri yaitu ada tiga, pertama Technical Skills, Critical Understanding dan Communivative Abillities. Dimana pernyataan ini menjelaskan mengenai bagaimana kemampuan literasi media sosial seseorang. Dan teori Teori Perubahan Sosial yaitu Teori Fungsionalis. Menurut teori ini, perubahan sosial disebabkan karena adanya ketidakpuasan masyarakat yang disebabkan oleh kondisi sosial ini yang berlangsung pada waktu/masa tertentu yang mempengaruhi pribadi masyarakat. William Ogburn, teknologi berpengaruh dalam teori fungsionalis yang mengakibatkan perubahan yang mempunyai pengaruh besar pada kehidupan, hal ini karna masyarakat berkembang maju dalam kehendak yang ia lakukan. Walaupun seperti itu, semuanya akan berjalan sesuai bagaimana kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan kesadaran masyarakat yang terbentuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan jenis data deskriptif, untuk mendeskripsikan, menganalisa dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi dilapangan. Adapun data yang dihasilkan ini berdasarkan pengumpulan data primer yang menggunakan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat kemampuan Literasi Media Sosial di Dusun Depok yaitu pada 3 kategori pertama Technical Skills, Critical Understanding dan Communicative abilities. Adapun alasan mengapa media sosial menjadi sarana yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan literasi di Dusun Depok yaitu karena media sosial mudah diakses, menyuguhkan beragam fitur dan konten menarik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi media sosial pada anak remaja Dusun Depok dapat melalui berbagai dimensi, yaitu dari pemerintah, keluarga, pendidikan dan terakhir intesitas membaca anak remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Media Sosial;Perubahan Sosial;Media Sosial;Remaja
Subjects: Use of Other Information Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: nindy shafira fitriani
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:19
Last Modified: 07 Mar 2023 07:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65176

Actions (login required)

View Item View Item