Pesan dakwah tentang akhlak dalam lirik lagu Buka Mata Hati : Analisis isi pesan dakwah lirik lagu Buka Mata Hati dalam Channel YouTube 3D Entertainment

Sukmawan, Vivi Putri (2022) Pesan dakwah tentang akhlak dalam lirik lagu Buka Mata Hati : Analisis isi pesan dakwah lirik lagu Buka Mata Hati dalam Channel YouTube 3D Entertainment. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (977kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah Islam sebagai aktivitas melalui tulisan ataupun lisan yang sifatnya mengajak, menyeru, memanggil manusia untuk beriman dan taat pada Allah swt., sesuai dengan syariat. Aqidah dan akhlak dalam Islam. Saat ini dakwah sangat beragam jenisnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara misal berupa tulisan, tontonan bahkan sesuatu yang diperdengarkan seperti musik yang pesan dakwahnya terdapat dalam lirik lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah akhlak yang terkandung dalam lirik lagu “Buka Mata Hati” yang dinyanyikan oleh pedangdut wanita muda ialah Lesti Kejora. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui imbauan pesan apa saja yang terkandung dalam lirik lagu tersebut. yang mana point utama dari penelitian ini ialah mengenai pesan dakwah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. analisis isi menurut Holsti ialah suatu teknik penelitian untuk menarik sebuah kesimpulan. Analisis isi ialah analisis ilmiah untuk mengetahui isi pesan dari sebuah komunikasi. Pada penelitian ini juga membahas mengenai dakwah serta instrumen-instrumennya. Objek dari penelitian ini ialah berfokus pada lirik lagu yang berjudul “Buka Mata Hati”. Dalam lirik lagu tersebut mengandung pesan akhlak. Sumber data penelitian ini terdapat sumber data primer dan sekunder yang mana data primer berupa lirik lagunya sendiri dan data sekundernya berasal dari teori-teori atau sumber pendukung yang berkaitan dengan penelitian misalnya dalam buku, jurnal, website, dan lainnya. Pesan akhlak yang terkandung dalam lirik “Buka Mata Hati” terdapat dalam seluruh bait dengan beberapa kategori akhlak. Intinya dalam lagu tersebut berisikan ajakan untuk selalu berbuat baik. Menjaga perilaku dan juga menjaga hati. Imbauan pesan pada lirik yang mendominasi ialah imbauan rasional, yakni imbauan yang berisikan perkataan atau pemikiran yang logis dan sesuai akal manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pesan Dakwah; Lirik Lagu; Akhlak; Imbauan Pesan.
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vivi Putri Sukmawan
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:14
Last Modified: 06 Mar 2023 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65244

Actions (login required)

View Item View Item