Pendidikan keluarga berbasis kearifan lokal : Penelitian tentang pendidikan keluarga melalui tradisi di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut

Zakiyyah, Azka Zuhroh (2023) Pendidikan keluarga berbasis kearifan lokal : Penelitian tentang pendidikan keluarga melalui tradisi di Desa Padamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dalam kearifan lokal merupakan penanaman dan pembentukan karakter dapat dilakukan di lingkungan keluarga mengingat fungsi keluarga sangat penting dalam perkembangan seseorang. Pendidikan keluarga yang terjadi di Desa Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut memberikan dampak maupun hasil terhadap remaja dan lingkungan masyarakat. Garut merupakan salah satu wilayah yang masih memiliki kebudayaan yang sangat kuat, ada beberapa kebudayaan di garut yang masih dilestarikan sampai saat ini. Salah satunya di Desa Padamukti yang masih melestarikan kebudayaan seperti waluh khotam, bale sepitan, ulang taun, dan 7 bulanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme Pendidikan berbasis kearifan lokal di Desa Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut. Untuk mengetahui sikap remaja melalui Pendidikan keluarga berbasis kearifan lokal di Desa Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut. Dan untuk mengetahui hasil yang dicapai pendidikan berbasis kearifan lokal melalui keluarga terhadap remaja di Desa Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori perubahan sosial struktural fungsional Talcott Parsons tentang 4 fungsi yaitu dikenal dengan AGIL (Adaptation, Goal attainment, Integration, dan Latency). Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk bisa memaparkan atau memberikan gambaran tentang bagaimana mekanisme pendidikan, sikap remaja, dan hasil yang dicapai pendidikan berbasis kearifan lokal terhadap remaja di Desa Padamukti. Dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu sumber datanya terdiri dari data primer yang terdiri dari informan pangkal serta informan kunci dan data sekunder berupa profil Desa Padamukti dan dokumentasi Bersama narasumber. Data tersebut dianalisis dengan model Mills dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pendidikan keluarga melalui kebudayaan terjadi karena proses pelestarian kebudayaan daerah padamukti yaitu melalui keluarga serta melalui dakwah. Selain itu, berjalan dengan lancar sesuai dengan kebudayaan yang ada. Kemudian respon remaja yaitu dengan masih adanya kebudayaan yang melekat sehingga mereka merasakan hal positif dari pelestarian kebudayaan tersebut. Kebudayaan di desa padamukti berdasar kepada aturan Islam tanpa menghilangkan budaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga; Remaja; Kearifan Lokal; Kebudayaan;Islam;
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Azka Zuhroh Zakiyyah
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:02
Last Modified: 10 Sep 2023 12:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65262

Actions (login required)

View Item View Item