Penerapan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam mengukur prioritas program tujuan pembangunan berkelanjutan di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung tahun 2021

Hilman, Sayyid Ali (2022) Penerapan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam mengukur prioritas program tujuan pembangunan berkelanjutan di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung tahun 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Sustainable development goals atau lebih dikenal dengan istilah SDGs menjadi pedoman pembangunan daerah baik itu tingkat nasional maupun daerah serta menyelaraskannya dengan RPJMN/ RPJMD. Seperti yang telah dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung pada tahun 2021 yang telah merealisasikan program-program SDGs Desa yang selaras dengan RPJMDes. Pada hasil pencapaian program SDGs Desa di SKPD kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, pembangunan infrastruktur menjadi program unggulan dengan memiliki persentase paling tinggi dibandingkan dengan program lainnya yang menjadi prioritas nasional dengan berlandaskan pada Permendesa PDTT nomor 13 tahun 2020 yang menekankan pada program pemulihan ekonomi desa dari dampak pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria apa yang dijadikan pemangku kepentingan SKPD kecamatan Paseh Kabupaten Bandung dalam menentukan prioritas program SDGs Desa pada tahun 2021. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi kepustakaan dan kuesioner. Lalu dianalisis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan Software Expert Choice 11. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria yang menentukan prioritas program SDGs Desa di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung sesuai urutan prioritas adalah musyawarah desa, visi-misi, regulasi dan musyawarah rencana pembangunan. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh responden, didapatkan urutan peringkat program SDGs Desa yang di prioritaskan yaitu Goal 1 Desa Tanpa Kemiskinan dengan bobot nilai 0,318, Goal 9 Infrastruktur Desa dengan nilai 0,307, Goal 3 Desa Sehat dan Sejahtera dengan bobot nilai 0,222, Goal 2 Desa Tanpa Kelaparan dengan bobot nilai 0,088 dan Goal 10 Desa Tanpa Kesenjangan memiliki nilai 0,065.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kriteria; Sustainable development goals; Analytical Hierarchy Process;
Subjects: Political dan Government Science
Political Process
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Sayyid Ali Hilman
Date Deposited: 06 Mar 2023 23:22
Last Modified: 06 Mar 2023 23:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65278

Actions (login required)

View Item View Item