Pembelajaran Qiraat Sabah di Pondok Pesantren Tahfidz al-Mumtaz Serang Banten

Amaliah, Labibah Inti (2023) Pembelajaran Qiraat Sabah di Pondok Pesantren Tahfidz al-Mumtaz Serang Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy

Abstract

Qira’at sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya hadis-hadis yang menjelaskan tentang proses turunnya sab’ah ahruf’ (tujuh bacaan), Qira’at berasal dari bahasa Arab yang berarti “bacaan” secara konotasi qira’at dapat diartikan “beberapa pembaca” maksud beberapa pembaca ditujukan kepada para Imam qira’at itu sendiri. Ilmu qira’at berkembang sampai hari ini, akan tetapi awal masuknya qira’at di Indonesia sendiri terhitung sejak abad ke 18M. Dan qira’at yang berkembang pesat sampai saat ini adalah qira’at Imam ‘Ashim riwayat Hafs, perkembangan tersebut menjadi masalah, karena kurangnya edukasi terharap keberadaan qira’at lainnya sehingga memunculkan perselisihan dan kesalah pahaman ketika ada orang yang membaca Al-Qur’an dengan menggunakan qira’at selain qira’at Imam ‘Ashim riwayat Hafs. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Qira’a Sab’ah di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Mumtaz Serang-Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif berlandaskan pada data dilapangan dan studi pustaka, menggunakan pendekatan fenomologis. pendekatan fenomologis sendiri digunakan dengan tujuan untuk mengetahu metode apa yang digunakan dalam pembelajaran qira’ah sab’ah di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Mumtaz Serang-Banten. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode pembelajaran yang digunakan di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Mumtaz Serang-Banten dalam mempelajari ilmu qira’at yaitu menggunakan metode ceramah, metode jama’i, dan metode talaqqi dan ada beberapa metode yang hanya ada di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Mumtaz Serang-Banten. Untuk menghasilkan pembelajaran yang baik dan maksimal Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al-Mumtaz membuat sebuah buku yang mengkaji tentang kaidah-kaidah qira’ah sab’ah dengan judu ushul qira’ah sab’ah yang dibuat langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Mumtaz yaitu Kh. Ayatullah. Metode pembelajaran yang digunakan dalam mempelajari qira’at sab’ah sudah efektif hal tersebut berdasarkan hasil pembelajaran yang mampu membuat pelajar dengan waktu singkat dapat memahami dan mempraktikan ilmu qira’ah sab’ah, dan dalam pembelajaran yang dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Mumtaz terdapat dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung: Pengajar yang dalam hal ini Kh. Ayatullah menggunakan metode pembelajaran ceramah, jama’i, dan talaqqi yang mana metode-metode tersebut cocok dengan karakter santri ditambah dengan metode khusu yang dibuat oleh Kh. Ayatullah, Tersedianya media penunjang pembelajaran qira’ah sab’ah seperti mushaf dan buku ushul qira’ah sab’ah, adanya sarana yang baik, dan diadakannya ujian akhir beserta acara khataman. kemudian faktor penghambat yaitu: Pesantren sering mengadakan kerja bakti diluar kegiatan pembelajaran yang membuat tenaga santri terkuras sehingga kelelahan, Banyaknya khilaf yang terdapat pada Ilmu qira’ah sab’ah sehingga membuat santri pada awal pembelajaran sulit menghafal khilaf dan mempraktikkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; metode; Qira'at Sab'ah
Subjects: Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: labibah inti amaliah labibah
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:16
Last Modified: 07 Mar 2023 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65303

Actions (login required)

View Item View Item