Penerapan metode pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematika: Penelitian Eksperimen di SMP Negeri 2 Talaga

Rosnawati, Iis (2015) Penerapan metode pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematika: Penelitian Eksperimen di SMP Negeri 2 Talaga. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Talking Stick. (b) Perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick klasikal, metode pembelajaran Talking Stick secara kelompok dan metode konvensional. (c) Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Talaga pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar “Balok dan Kubus”. Untuk pengambilan data, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapat sampel kelas VIII A dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, VIII B dengan metode pembelajaran Talking Stick klasikal dan VII C metode pembelajaran Talking Stick secara kelompok. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes yaitu pretest dan postest, dan instrumen nontes yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan skala sikap. Setelah dilaksanakan observasi, kemudian data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka diperoleh : (a) Gambaran proses pembelajaran dalam setiap tahapnya sudah berjalan sesuai dengan aspek yang ada pada lembar observasi dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas guru dan siswa yang semakin meningkat dari setiap pertemuannya. (b) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar dengan metode pembelajaran Talking Stick klasikal, metode pembelajaran Talking Stick secara kelompok, dan metode konvensional.(c) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan metode pembelajaran Talking Stick klasikal, metode pembelajaran Talking Stick secara kelompok dan metode konvensional, semuanya meningkat dengan rata-rata nilai pretes berturut-turut 32.73, 33.35, dan 32.09 dan rata-rata nilai postes berturut-turut 38.6, 40.52, dan 35.37. dengan kriteria peningkatannya sedang. (d) Tidak terdapat perbedaan sikap, Secara umum respon siswa positif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 29 May 2018 21:39
Last Modified: 29 May 2018 21:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item