Rahmawati, Fitri (2016) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation pada materi Sistem Saraf terhadap hasil belajar siswa: Penelitian di Kelas XI SMAN 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi, masih rendahnya daya serap siswa dalam memahami materi Biologi. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation merupakan salah satu model yang dapat membangkitkan siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, Aktifitas dan respon siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Quasi-Experiment dengan desain Nonequivalent group design yang diterapkan pada siswa kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 SMAN 1 Cibarusah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan kuesioner. Adapun untuk analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation baik (63,20) dan peningkatan hasil belajar (N-Gain) 0,50 dengan kualifikasi sedang. Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation cukup (53,51) dan peningkatan hasil belajar (N-Gain) 0,33 dengan kualifikasi sedang. Hasil Uji hipotesis Thitung > Ttabel yaitu 2,55 > 1,9934 pada taraf signifilkasi 5% yang berarti terdapat perbedaan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem saraf. Keterlaksanaan aktivitas guru kelas eksperimen termasuk kategori sangat baik (98,63%) dan siswa terlaksana dengan baik (75,09%) dan Keterlaksanaan aktivitas guru kelas kontrol termasuk kategori sangat baik (100%) dan siswa terlaksana dengan baik (80,44%). Respon siswa termasuk kategori Tinggi dengan rata-rata 4,32 (eksperimen) dan 4,11 (kontrol).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Learning; Group Investigation; hasil belajar |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 29 May 2018 21:38 |
Last Modified: | 29 May 2018 21:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6533 |
Actions (login required)
View Item |