Penerapan bahasa jurnalistik pada berita kriminal : Studi analisis pada media Daring RadarBandung.id edisi 01 Mei-01 Juni 2022

Firdaus, Kharisma Arrifal (2022) Penerapan bahasa jurnalistik pada berita kriminal : Studi analisis pada media Daring RadarBandung.id edisi 01 Mei-01 Juni 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan bahasa jurnalistik memiliki kaitan erat dengan pemberitaan pada setiap media. Umumnya seluruh media, baik media konvensional maupun media daring menggunakan bahasa jurnalistik dalam pemberitaannya. Berita yang terdapat pada media pun dapat mencakup banyak aspek yang ada di sekitar. Mulai dari aspek politik, pemerintahan, sosial, budaya, ekonomi, olahraga, dan yang tak pernah luput yaitu kriminal. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan bahasa jurnalistik populis (akrab di telinga, di mata, dan di benak pembaca), mengidentifikasi penerapan bahasa jurnalistik sederhana (efektif, praktis, dan mudah dimengerti),mengidentifikasi penerapan bahasa jurnalistik menghindari kata dan istilah asing (informatif, komunikatif, dan tidak membingungkan) pada berita kriminal. Konsep yang digunakan adalah 17 karakteristik bahasa jurnalistik(Sumadiria, 2010: 14-20). Peneliti melakukan pembatasan masalah hanya 3 jenis konsep bahasa jurnalistik yang digunakan, yaitu konsep bahasa jurnalistik populis, sederhana, dan menghindari kata dan istilah asing. Konsep tersebut dinilai sangat praktis dan banyak digunakan oleh para peneliti dikarenakan dapat mempermudah proses penyusunan. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten, dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan secara terperinci mengenai suatu subjek penelitian. Peneliti dapat melakukan analisis mengenai penerapan bahasa jurnalistik populis(akrab di telinga, di mata, dan di benak pembaca), sederhana (efektif, praktis, dan mudah dimengerti), dan menghindari kata atau kalimat asing (informatif,komunikatif, dan tidak membingungkan) pada berita kriminal radarbandung.id edisi 01 Mei- 01 Juni 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bahasa jurnalistik pada berita kriminal media daring RadarBandung.id edisi 1 Mei – 1 Juni 2022, sudah memenuhi syarat penerapan bahasa jurnalistik. Namun demikian dari jumlah keseluruhan 22 berita, ditemukan 4 berita tidak menerapkan bahasa jurnalistik populis, 9 berita tidak menerapkan bahasa jurnalistik sederhana, dan 7 berita tidak menerapkan bahasa jurnalistik menghindari kata dan istilah asing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa jurnalistik; kriminal; media daring; RadarBandung.id;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Kharisma Arrifal Firdaus
Date Deposited: 07 Mar 2023 05:09
Last Modified: 07 Mar 2023 05:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65365

Actions (login required)

View Item View Item