Konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dalam kitab Tahdzibul Akhlak

Hakiqi, Aditiya Rachmat (2022) Konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dalam kitab Tahdzibul Akhlak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy

Abstract

Tahdzibul akhlak merupakan karya Ibnu Miskawaih dalam bidang etika yang merupakan salah satu karya yang menjadi daras pertama pendidikan akhlak karena memiliki penjelasan yang mendalam dan menyajikan konsep yang berguna secara teoritis juga secara praktis. Oleh sebab itu, kajian akhlak yang dibahas dalam kitab ini sangat relevan dijadikan sebagai objek analisis pendidikan dan merupakan salah satu alternatif model pendidikan yang dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran kitab Tahdzibul Akhlak, 2) Konsep pendidikan qkhlak Ibnu Miskawaih, 3) Cara penerapan pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih dalam kitab Tahdzibul Akhlak. Akhlak merupakan keadaan jiwa yang mendorong seorang untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Akhlak juga termasuk objek kajian yang dibahas dalam kependidikan. Pendidikan akhlak ini dinilai penting dan perlu diutamakan. Pendidikan akhlak merupakan proses terencana dan terarah yang dilakukan untuk membentuk sikap, mendidik dan membimbing anak dengan berbagai metode atau pelatihan-pelatihan yang mendukung pada tercapainnya pendidikan akhlak yang dilaksanakan. Objek kajian akhlak dibahas oleh Ibnu Miskawaih sebagai satu kajian ilmu yang dapat diajarkan dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan peneilitian kepustakaan (Library Research). Alat pengumpul data pada penelitian ini berupa dokumen, kepustakaan maupun jurnal ilmiah berupa tulisan-tulisan yang membahas mengenai pemikiran pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan berbagai literatur yang sesuai dengan topik penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kitab Tahdzibul akhlak merupakan karya Ibnu Miskawaih yang termasuk pada filsafat etika. Kitab ini berisi tujuh bab yang banyak menggambarkan berbagai kondisi jiwa, cara pengendaliannya, dan cara penyembuhannya. Selain dari pada itu, kitab ini menyajikan metode pendidikan akhlak yang dapat dipraktikan secara langsung. 2) Konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih terpusat pada praktik dan pemahaman konsep diri. 3) Cara penerapan pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzibul Akhlak terbagi menjadi tiga tahap sesuai dengan perkembangan peserta didik yaitu tahap pembiasaan, pengendalian diri, pelayanan atau pengayoman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tahdzibul Akhlak; Ibnu Miskawaih; Implementasi;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aditiya Rachmat Hakiqi
Date Deposited: 07 Mar 2023 01:03
Last Modified: 07 Mar 2023 01:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65368

Actions (login required)

View Item View Item