Upaya meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini melalui penerapan metode Learning By Playing: Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Ash-Shiddiq Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Rohimatuzzahra, Nida Syifa (2023) Upaya meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini melalui penerapan metode Learning By Playing: Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Ash-Shiddiq Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar temuan permasalahan mengenai rendahnya kemampuan menyimak anak, di antaranya anak tidak memperhatikan dengan sungguh-sungguh informasi yang diberikan guru ketika memperkenalkan permainan baru, menjelaskan cara memainkannya, anak masih asyik bermain dan berbicara dengan teman yang duduk di sebelahnya. Oleh karena itu, melalui penerapan metode learning by playing diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A RA Ash-Shiddiq Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan menyimak anak di kelompok A RA Ash-Shiddiq Bandung sebelum diterapkan metode learning by playing; (2) penerapan metode learning by playing untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak di kelompok A RA Ash-Shiddiq Bandung pada setiap siklus; (3) kemampuan menyimak anak di kelompok A RA Ash-Shiddiq Bandung setelah diterapkan metode learning by playing pada seluruh siklus. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa metode learning by playing dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak. Metode learning by playing memiliki beberapa keunggulan, yaitu: (1) mendukung pembelajaran yang bersifat imajinatif; (2) dapat mengembangkan kreativitas anak; (3) membantu anak memahami terhadap pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua kali tindakan. Subjek penelitian ini adalah 10 anak di kelompok A RA Ash-Shiddiq Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung yang terdiri dari lima anak laki-laki dan lima anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak anak pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 28 dengan kriteria gagal. Proses penerapan metode learning by playing dilihat dari aktivitas guru dan anak menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 76% dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 98% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 59% dengan kriteria kurang dan meningkat menjadi 85% dengan kriteria baik pada siklus II. Adapun kemampuan menyimak anak setelah diterapkan metode learning by playing diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 53 dengan kriteria kurang dan meningkat menjadi 86 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian hipotesis tindakan diterima. Artinya metode learning by playing terbukti dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok A RA Ash-Shiddiq Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan anak usia dini; Metode Learning by Playing
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nida Syifa Rohimatuzzahra
Date Deposited: 07 Mar 2023 01:39
Last Modified: 07 Mar 2023 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65369

Actions (login required)

View Item View Item