Pemahaman santri terhadap butir-butir Bai'at dan hubungannya dengan kedisiplinan mereka di Pesantren : Penelitian korelasional terhadap santri kelas XII MAS Pesantren Persis 1 Pajagalan-Bandung

Feby Fauzul, Kabir (2023) Pemahaman santri terhadap butir-butir Bai'at dan hubungannya dengan kedisiplinan mereka di Pesantren : Penelitian korelasional terhadap santri kelas XII MAS Pesantren Persis 1 Pajagalan-Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pesantren untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan kepada para santri di lingkungan pesantren dengan cara melakukan bai’at sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, butir-butir bai’at yang dibacakan berisi nilai-nilai kedisiplinan yang diambil dari Al-Qur’an dan Hadits. Dari fenomena tersebut peneliti tertarik meneliti sajauh mana hubungan antara pemahaman santri terhadap butir-butir bai’at dengan kedisiplinan mereka di pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas pemahaman santri terhadap butir-butir bai’at di MAS Pesantren Persis 1 Pajagalan-Bandung, 2) Realitas kedisiplinan santri di MAS Pesantren Persis 1 Pajagalan-Bandung, 3) Hubungan antara Pemahaman santri terhadap butir-butir bai’at dengan kedisiplinan mereka di MAS Pesantren Persis 1 Pajagalan-Bandung. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa pemahaman santri terhadap butir-butir bai’at mencakup kemampuan untuk mempelajari, memahami dan mengevaluasi esensi yang ada dalam bai’at tersebut, hal ini yang akan mempengaruhi tingkat kedisiplinan mereka di Pesantren. Maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tingkat pemahaman santri terhadap butir-butir bai’at maka akan semakin tinggi pula tingkat kedisiplinan mereka di pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XII C di MAS Pesantren Persis 1 Pajagalan-Bandung yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) Pemahaman santri terhadap butir-butir bai’at termasuk pada kategori sangat baik berdasarkan skor rata-rata sebesar 90,36 yang berada pada interval 80–100. 2) Kedisiplinan mereka di pesantren termasuk pada kateogri tinggi berdasarkan skor rata-rata sebesar 3,84 yang berada pada interval 3,40–4,19. 3) Hubungan antara pemahaman santri terhadap butir-butir bai’at dengan kedisiplinan santri di pesantren adalah (a) koefisien korelasinya termasuk dalam kategori sangat rendah dengan nilai sebesar 0,154 yang berada pada interval 0,00–0,20. (b) Hipotesisnya ditolak, berdasarkan: thitung = 0,959 < ttabel = 1,685 yang artinya, tidak terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman santri terhadap butir-butir bai’at dengan kedisiplinan mereka di Pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Kedisiplinan; Bai'at
Subjects: Causation
Education
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feby Fauzul Kabir
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:12
Last Modified: 08 Mar 2023 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65393

Actions (login required)

View Item View Item