Komodifikai da'i di media sosial: Analisis semiotika konten dakwah pada kanal Youtube Pemuda Tersesat season 2

Mufadil, Al-Lahla Zikri (2023) Komodifikai da'i di media sosial: Analisis semiotika konten dakwah pada kanal Youtube Pemuda Tersesat season 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi semakin masif dan tidak bisa terbendung oleh apapun, kehadirannya hampir masuk keseluruh lapisan segmentasi kehidupan manusia, salah satunya pada segementasi dakwah. APJII merilis data statistik pengguna internet Indonesia sebesar 210, 03 juta jiwa pada tahun 2021-2022, dengan perkembangan tersebut melahirkan tingkat kecenderungan pemakaian internet dalam segala bentuk aktivitas, salah satunya dengan dakwah. Pemuda Tersesat merupakan salah satu dari banyaknya konten dakwah di media sosial yang menerapkan prinsip komodifikasi dalam menjalankan konten dakwah di media sosial secara kreatif. Hal tersebut dapat dilihat dari format acara hingga konspetuliasasi konten yang cenderung mengalami perubahan signifikan. Khususnya dalam penelitian ini yaitu komodifikasi da’i sebagai upaya penyegaran dari konten yang sudah ada sebelumnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam bagaimana proses komodifikasi yang terjadi pada kanal youtube Pemuda Tersesat dilihat dari kajian ilmu semiotika, dalam mengetahui makna komodifikasi da’i pada dimensi sign, makna komodifikasi da’i pada dimensi object, dan makna komodifikasi da’i pada dimensi interpretant yang terkandung dalam konten dakwah Pemuda Tersesat. Penggunaan metode dalam penelitian ini berdasar pada analisis semiotika Charles Sanders Piecre. Dengan menggunakan metode ini, ditemukan hasil informasi yang mendalam mengenai komodifikasi da’i yang terdapat pada kanal Youtube Pemuda Tersesat, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori komodifikasi Vincent Mosco, teori komunikasi Harold Laswell, dan teori semiotika Charles Sanders Piecre. Dalam semiotika Charles S Piecre memilik instrumen yang tersusun dalam tiga dimensi, yaitu representment (sign), object, interpretant yang biasa disebut trikotomi makna. Akan-halnya teknik pengumpulan data penelitian ini didapat melalui observasi dari hasil dokumentasi pada kanal youtube Pemuda Tersesat. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pada kanal youtube Pemuda Tersesat terdapat beberapa teknik komodifikasi da’i, pada dimensi sign yaitu kemampuan entertaining dan dakwah komedi sebagai kapabilitas da’i di medis sosial, pada dimensi object yaitu penerapan dakwah simbolik sebagai desain konten dakwah di media sosial, dan pada dimensi interpretant yaitu perubahan pada konstruksi format acara dan pernosifikasi da’i sebagai desain konten dakwah di media sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Komodifikasi Da’i; Semiotika; Youtube; Pemuda Tersesat.
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Philosopy and Theory > Semiotics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Al-Lahla Zikri Mufadil
Date Deposited: 07 Mar 2023 05:33
Last Modified: 07 Mar 2023 05:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65402

Actions (login required)

View Item View Item