Perkembangan Persatuan Umat Islam (PUI) di Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka dalam Bidang Pendidikan Tahun 2010-2019

Muminatusolihah, Fikri (2022) Perkembangan Persatuan Umat Islam (PUI) di Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka dalam Bidang Pendidikan Tahun 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Persatuan Umat Islam (PUI) adalah salah satu Organisasi Masyarakat yang ada di Indonesia yang sangat ikut andil dalam pendidikan yang ada di Indonesia. Salah satu perannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa adalah terbukti dengan banyaknya pendidikan dibawah naungan Persatuan Umat Islam (PUI) yang tersebar di seluruh Indonesia. Begitupun dengan Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, banyaknya sekolah berinisialisasi PUI menegaskan bahwa keberadaan PUI di Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka sangat berperan penting dalam pendidikan disana. Dalam penulisan skripsi ini akan memaparkan mengenai awal mula sejarah berdirinya Persatuan Umat Islam (PUI), Tokoh yang memperjuangkan pendirian PUI, zejarah PUI di Kabputen Majalengka dalam bidang pendidikan, dan perkembangan Persatuan Umat Islam (PUI) di Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka dalam bidang pendidikan tahun 2010-2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah umtuk mengetahui dan mempelajari peristiwa sejarah di masa lampau, yang terdiri dari empat metode diantaranya adalah : 1). Heuristik (proses pengumpulan data), 2). Kritik (kritik interen dan kritik ekstern), 3). Interpretasi (penafsiran data) dan 4). Historiografi (penulisan sejarah). tekhnik pengumpulan data berdasarkan studi kepustakaan, studi lapangan dan wawancara. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam perjalannya, perkembangan persatuan umat islam (PUI) di Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka dalam bidang pendidikan tahun 2010-2019 mengalami perkembangan jumlah siswa terbanyak di tahun ajaran 2016/2017. Dan telah menggunakan dua kurikulum dalam pembelajarannya, yaitu KTSP, Kurtilas ditambah dengan kurikulum Persatuan Umat Islam yang didalamnya berisi tentang sejarah PUI, Intisab PUI, Ishlah Tsamaniyah, Logo PUI, Hymne dan Mars PUI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PUI; Persatuan Umat Islam; Lemahsugih
Subjects: Education, Research
Religious Education
Education and Research of History
Person in History Biography
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fikri Mu'minatusolihah
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:29
Last Modified: 07 Mar 2023 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65405

Actions (login required)

View Item View Item