Kontruksi makna idealisme wartawan pada mahasiswa: studi fenomenologi kepada mahasiswa job training jurnalistik UIN Bandung angkatan 2016-2017

hidayat, Wahyu Taupik (2021) Kontruksi makna idealisme wartawan pada mahasiswa: studi fenomenologi kepada mahasiswa job training jurnalistik UIN Bandung angkatan 2016-2017. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung DJati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kontruksi makna idealisme wartawan pada mahasiswa, kajian ini dilatarbelakangi mengenai latarbelakang pendidikan kejurnalistik. Karena saat ini bukan hanya wartawan saja yang harus disiplin ilmu melainkan mahasiswa yang melakukan tugas Job Training juga harus bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap medianya itu sendiri, karena hal ini bisaberpengaruh terhadap idealism para wartawan, disitulah pendidikan kejurnalistik memegang peranan penting dalam membentuk kemampuan dan kepribadian seorang wartawan. Selain itu calon wartawan dilatih agar siap menghadapi persoalan pekerjaan dibidang jurnalistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam pengetahuan,pemaknaan dan pengalaman mahasiswa Job Training ilmu komunikasi jurnalistik dalam menjalankan tugas sebagai wartawan, seperti apa perilaku yang mesti dilakukan agar wartawan dapat bekerja sesuai dengan idealismdan kode etik jurnalistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dan teori fenomenologi Alfred Schutz, yang memandang dunia dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung dan makna yang ditempelkan padanya. Penelitian ini dilakukan pada 6 informan mahasiswa jurnalistik angkatan 2016- 2017. sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sebagai mahasiswa Job Training yang melakukan profesi sebagai wartawan harus mempunyai bekal dan harus menjalankan sesuai dengan idealisme wartawan dan Kode Etik Jurnalistik. Dalam pemaknaan Idealisme wartawan harus dimiliki oleh setiap wartawan yang tunduk kepada Kode Etik Jurnalistik dan aturan perusahaan yang ada, selain itu wartawan senior maupun media itu sendiri harus bisa membimbing dan memberikan contoh yang baik kepada mahasiswa yang sedang melakukan Job Training, sehingga tidak menyalahgunakan profesi jurnalis. Pengalaman mahasiswa Job Training dalam menjalankan tugasnya sebagai wartawan secara professional memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam menjalankan tugas liputanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: idealisme wartawan; fenomenologi; wartawan
Subjects: Idealism and Related Systems and Doctrines
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: wahyu taupik hidayat
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:56
Last Modified: 09 Mar 2023 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65410

Actions (login required)

View Item View Item