Karakter Kan’an dan saudara-saudara nabi Yusuf dalam Al-Qurā’n: Studi kompratif pada kisah nabi Nuh dan nabi Ya’qub dalam mendidik anak

Amin, Fadli Nur Islah (2023) Karakter Kan’an dan saudara-saudara nabi Yusuf dalam Al-Qurā’n: Studi kompratif pada kisah nabi Nuh dan nabi Ya’qub dalam mendidik anak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang karakteristik karakter Kan’an dan saudara-saudara Yusuf dalam Qaṣaṣ Al-Qur’an dengan judul lengkapnya: “Karakter Kan’an Dan Saudara-Saudara Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an: Studi Kompratif Pada Kisah Nabi Nuh dan Nabi Ya’qub Dalam Mendidik Anak”. Pokok permasalahan di sini ialah bagaimana karakter Kan’an dan saudara-saudara Yusuf di dalam Al-Qur’an, apa persamaan dan perbedaan diantara keduanya dan faktor apasaja yang mempengaruhi karakter tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter Kan’an dan saudara-saudara Yusuf dalam qaṣaṣ Al-Qur’an dan menganalisa persamaan serta perbedaan kedua karakter kemudian menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi karakter tersebut. Berdasarkan data yang digunakan dalam penelitian ini, maka sumber datanya terdiri dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang mengisyaratkan karakter Kan’an dan saudara-saudara Yusuf. Sedangkan sumber data sekundernya adalah buku-buku, jurnal-jurnal, dan literatur-literatur yang relevan dengan pembahasan skripsi ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif-analitis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa di dalam Al-Qur’an menunjukan gambaran kisah tentang sifat dan karakter Kan’an dan saudara-saudara Yusuf yang merupakan anak yang pembangkang. Dalam Al-Qur’an Kan’an disebutkan tidak memiliki karakter yang baik, bahkan di dalam Al-Qur’an sendiri ia disebut sebagai anak yang berpelakuan buruk dan pada akhir hidupnya ia diadzab. Faktor ini disebabkan oleh lingkungannya yang mayoritas kufur dan ingkar kepada ajaran nabi Nuh. Sedangkan saudara-saudara Yusuf, meskipun mereka memiliki karakter yang buruk seperti bangkang kepada ayahnya tetapi mereka memiliki karakter yang baik seperti beriman dan sebab keimanannya yaitu karena kesabaran Ya’qub dan Yusuf terhadap mereka yang membuat mereka bertaubat kepada Allah. Menurut penulis, solusi yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa sejatinya dalam mendidik karakter anak perlu banyak pertimbangan terlebih dahulu. Seperti, mengetahui karakter anak, menempatkannya pada lingkungan yang baik, serta kesabaran dalam mendidik anak yang terkadang tidak sesuai dengan harapan orangtua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakter; Kan’an; Saudara Yusuf; Qaṣaṣ Al-Qur’an
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Islam
Factors Affecting Social Behaviour
Adult Education
History, Events
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fadli Nur Islah Amin
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:34
Last Modified: 08 Mar 2023 05:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65416

Actions (login required)

View Item View Item