Penerapan metode Learning Start With A Question( LSQ) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII MTs. MIftahul Falah Bandung

Sayid, Mudzaki (2022) Penerapan metode Learning Start With A Question( LSQ) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII MTs. MIftahul Falah Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB V)
8_ bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan pada studi pendahuluan tentang hasil belajar kognitif siswa yang rendah berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 68 dengan kategori cukup. Penggunaan metode ceramah yang masih dominan digunakan membuat pembelajaran menjadi tidak aktif dan cenderung membosankan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti metode Learning Start With A Question yang mengajak siswa aktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas VIII MTs. Miftahul Falah Bandung pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan metode Learning Start With A Question pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Miftahul Falah Bandung. (2) Perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara siswa yang menggunakan metode Learning Start With A Question dan yang menggunakan metode konvensional.Metode Learning Start With A Question adalah sebuah model Pembelajaran aktif dalam bertanya, biarkan siswa bertanya secara aktif, dan menuntut siswa mempelajari materi yang akan dipelajari yaitu membaca terlebih dahulu. melalui membaca, siswa memiliki konsep tentang materi yang akan dipelajari sehingga jika mereka membaca atau mendiskusikan materi mereka akan melihat dan melihat kesalahan konseptual diskusikan dan demonstrasikan bersama di kelas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Non Equivalent Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Miftahul Falah Bandung yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi terhadap penerapan metode Learning Start With A Question, test terhadap hasil belajar kognitif siswa dan wawancara dengan kepala madrasah MTs. Miftahul Falah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Withney dan Uji N-Gain dari hasil pretest dan posttest siswa dengan bantuan SPSS 25 For Windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Penerapan metode Learning Start With A Question berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.(2) Perbedaan penggunaan metode Learning Start With A Question dimana hasil belajar kognitif siswa pada postest pada kelas eksperimen mendapatkan nilai ratarata sebesar 81,92 dengan kriteria sangat baik sedangkan pada posttest kelas kontrol mendapatkan nilai rata- rata sebesar 73,97 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Learning Start With A Question( LSQ);Hasil Belajar; Kognitif; Siswa; Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mudzaki Sayaid
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:57
Last Modified: 08 Mar 2023 05:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65422

Actions (login required)

View Item View Item