Karakter manusia tentang Al-Insan, Al-Nas dan Al-Basyar Dalam Al-Qur’an : Studi tafsir Tematik dengan Pendekatan Ilmu Psikologi

Misbah, Syarifudin (2023) Karakter manusia tentang Al-Insan, Al-Nas dan Al-Basyar Dalam Al-Qur’an : Studi tafsir Tematik dengan Pendekatan Ilmu Psikologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Manusia yang memiliki banyak karakter, kelebihan juga kekurangan yang Allah berikan, menjadi sarana untuk melaksanakan peraturan yang Allah tetapkan dalam Al-Qur’an, dalam hal ini fenomena yang terjadi di zaman sekarang tentang bagaimana manusia dalam mengatur sifat dan perilaku itu dengan baik agar tidak menjadi manusia yang durhaka terhadap penciptanya dan makhluk lain. Hal ini menunjukan bahwa pentingnya seseorang untuk mengendalikan perilakunya yang akan menjadi karakter sampai melekat pada diri pribadinya masing-masing. Al-Qur’an sudah menyebutkan banyak hal tentang manusia dari setiap aspek Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk membantu dan berkontribusi sebagai pemecahan masalah tentang manusia juga perpaduan antara perspektif Al-Qur’an dan ilmu psikologi tentang karakter manusia. Dan yang lebih utama agar Al-Qur’an menjadi satu-satunya sumber jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada serta bisa memahami ayat-ayat yang membahas tentang manusia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analitis yaitu dengan mengklasifikasi, menuturkan, serta menggambarkan dengan objektif data yang ada sekaligus menganalisis dan menginterpretasikan data. Maka dari itu, penulis berusaha menganalisa objek penelitian tentang al-insan, al-nas dan Al-Basyardalam Al-Qur’an kemudian menganalisis ayat dengan metode tafsir tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya karakter manusia perspektif Al-Qur’an dan ilmu psikologi memiliki hubungan yang sama terkait penyebutan setiap manusia, kata insan menunjukan bahwa manusia memiliki kemampuan berpikir, berakal, dan bisa menjadi pencetak sejarah bagi dunia. ini sejalan dengan ilmu psikologi tentang perkembangan yang dapat dilatih dengan ilmu pengetahuan. Kata al-nas menunjukan bahwa manusia itu hidup bersosial dengan manusia lainnya sehingga dia tidak bisa hidup sendiri, dan harus hidup berpasang-pasangan. Dan hal ini searah dengan ilmu psikologi bahwa manusia adalah makhluk yang bertumbuh dan berkembang sehingga mendapat kemampuan dan keturunan. Al-Basyar yang menggambarkan manusia secara fisik dan selalu berhubungan dengan sifat biologis seperti minum, makan, dan materi lainnya. Hal ini sejalan dengan ilmu psikologi yang mengharuskan manusia untuk lebih memperhatikan perkembangannya dalam kebahagiaan dan kegembiraan bagi diri sendiri agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang sehat akal dan badan. Kata kunci: Karakter, Hubungan, Al-Qur’an, Psikologi, Tematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakter; Hubungan; Al-Qur’an; Psikologi; Tematik.
Subjects: Islam > Interpretation and Criticism of Koran
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Syarifudin Misbah
Date Deposited: 07 Mar 2023 05:26
Last Modified: 07 Mar 2023 05:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65426

Actions (login required)

View Item View Item