Kontribusi perguruan tinggi keagamaan Islam swasta dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Sukabumi : Penelitian pada STAI Kharisma Sukabumi, STAI Daarussalaam Sukabumi, dan STAI Syamsul ‘ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Palah, Palah (2023) Kontribusi perguruan tinggi keagamaan Islam swasta dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Sukabumi : Penelitian pada STAI Kharisma Sukabumi, STAI Daarussalaam Sukabumi, dan STAI Syamsul ‘ulum Gunungpuyuh Sukabumi. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Sukabumi masih rendah dan posisinya masih belum menyentuh IPM Provinsi Jawa Barat, meskipun mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Rendahnya IPM tersebut berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja dan menimbulkan bertambahnya tingkat pengangguran yang berujung pada rendahnya kesejahteraan penduduk. Dalam konteks ini, kontribusi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) bagi pengembangan akses pendidikan, kesehatan dan daya beli masyarakat tentu sangat signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan, upaya-upaya, hasil yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dalam mendukung peningkatan indeks pembangunan manusia, dan faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraannya. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis dengan pendekatan kualitatif dengan maksud untuk menggambarkan realitas empiris dari latar alamiah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) STAI Kharisma Cicurug Sukabumi, STAI Daarussalaam Sukabumi, dan STAI Syamsul Ulum Gunungpuyuh Sukabumi merupakan model Sekolah Tinggi Agama Islam yang berada di lingkungan PTKIS Sukabumi. (2) Kebijakan pengembangan ketiga PTKIS tersebut didasarkan pada kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan kebijakan internal sekolah sesuai dengan visi dan misi masing-masing (3) Ketiga PTKIS tersebut berupaya membantu pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia dengan memberi akses terhadap masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk masuk ke perguruan tinggi. (4) Hasil yang dicapai adalah dibuktikan dengan meningkatnya jumlah lulusan ketiga PTKIS setiap tahun dan meningkatnya IPM Kabupaten Sukabumi dari angka 65,13 pada tahun 2016 menjadi 67,07 pada tahun 2021. (5) Penyelenggaraan ketiga PTKIS tersebut dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung: popularitas kampus, dosen, mahasiswa, sarana dan prasarana, lingkungan, pembiayaan, dan budaya akademik. Sedangkan faktor penghambat adalah faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi; Perguruan Tinggi; Indeks Pembangunan Manusia
Subjects: Higher Education, Universities
Higher Education, Universities > Organization and Activities in Higher Education
Higher Education, Universities > Academic Degrees in Higher Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Palah Palah
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:24
Last Modified: 08 Mar 2023 01:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65435

Actions (login required)

View Item View Item