Pemberitaan konflik Rusia dan Ukraina: Analisis Framing model Robert N. Entman pada media online Detik.com edisi 24 Februari – 2 Maret 2022

Imeeda, Wanda Ezaputra (2023) Pemberitaan konflik Rusia dan Ukraina: Analisis Framing model Robert N. Entman pada media online Detik.com edisi 24 Februari – 2 Maret 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Gagasan penelitian ini muncul dari adanya operasi militer yang dilancarkan Rusia terhadap Ukraina pada tanggal 24 Februari 2022. Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pidatonya mendeklarasikan jika Rusia telah mengambil keputusan untuk melancarkan operasi militer khusus terhadap Ukraina. Pernyataan yang disiarkan secara langsung tersebut menjadi awal mula terjadinya konflik bersenjata antara Rusia dan Ukraina. Konflik yang terjadi diwarnai dengan adanya aktivitas balas-membalas serangan antara militer Rusia dan Ukraina. Konflik yang terjadi menjadi perhatian bagi dunia Internasional, termasuk media. Salah satunya adalah Detik.com yang memberikan pemberitaan secara intensif seputar perkembangan konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Di tengah terjadinya konflik Detik.com dituntut untuk memberikan fakta dengan penyampaian yang seseimbang mungkin sebagai netralitas suatu media.Namun pada dasarnya media memiliki perbedaan dalam menciptakan konstruksi realitas dalam memberikan pembingkaian berita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial yang dibangun oleh media online Detik.com dalam membingkai pemberitaan konflik Rusia dan Ukraina. Analisis framing model Robert N. Entman digunakan sebagai perangkat analisis framing untuk menemukan pembingkaian berita secara sederhana melalui pemberian definisi, penjelasan, evaluasi, dan rekomendasi dalam suatu peristiwa. Analisis framing Entman terdiri dari 4 elemen utama yakni, Define problem, Diagnose cause, Make moral judgement dan Treatment Recommendation. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, dengan menggunakan metode analisis framing model Robert N. Entman. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari unggahan berita Detik.com terkait konflik Rusia dan Ukraina yang telah melalui proses pengumpulan, penelaahan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu sesuai dengan cara kerja analisis framing yakni observasi data, mengumpulkan data, menyajikan data, mengolah atau menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis Framing model Entman dalam pemberitaan konflik Rusia dan Ukraina Detik.com mengungkapkan (1) Pendefinisian masalah (Define problem) terbagi dalam 3 kasus terkait konflik bersenjata, situasi konflik dan dampak konflik.. (2) Penyebab masalah (Diagnose cause) menetapkan Rusia sebagai penyebab timbulnya masalah atas invasi yang dilancarkannya. (3) Pembuatan keputusan moral (Make moral judgement) menetapkan Rusia sebagai pihak yang merugikan dan Ukraina sebagai pihak yang dirugikan. (4) Penyelesaian masalah (Treatment recommendation) adalah dengan memberikan dukungan perdamaian terhadap pihak Rusia dan Ukraina.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konflik; Ukraina; Rusia
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
International Relations > International Conflict
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Wanda Wanda Ezaputra Imeeda
Date Deposited: 08 Mar 2023 00:49
Last Modified: 08 Mar 2023 00:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65476

Actions (login required)

View Item View Item