Pertukaran sosial antara tokoh masyarakat dan generasi muda dalam hubungan sosial keagamaan di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta

Juanda, Egi Ramadani (2023) Pertukaran sosial antara tokoh masyarakat dan generasi muda dalam hubungan sosial keagamaan di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Pertukaran sosial yang terjadi antara tokoh masyarakat dengan generasi muda, berawal sejak pengangkatan generasi muda sebagai seorang ustadz di wilayah RW 01 Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Pertukaran sosial tersebut memberi dampak pada kelancaran pelaksanaan kegiatan keagamaan di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Pertukaran sosial antara tokoh masyarakat dengan generasi muda Desa Cibinong dalam hubungan sosial keagamaannya. 2) Faktor pendorong dan faktor penghambat dalam pertukaran sosial antara tokoh masyarakat dengan generasi muda di Desa Cibinong 3) Dampak pertukaran sosial terhadap hubungan sosial keagamaan antara tokoh masyarakat dengan generasi muda Desa Cibinong. Penelitian ini menggunakan Teori Pertukaran Sosial George C Homans. Teori ini mengkonsentrasikan perhatiannya terhadap masalah yang berukuran mikro, yakni berkaitan dengan realitas sosial interpersonal. Teori pertukaran sosial Homans berusaha menjelaskan bahwa tindakan seseorang didasarkan pada pertimbangan akan ganjaran (Reward) dan hukuman (Punishment). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dibagi menjadi tiga tahap yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, generasi muda senantiasa melaksanakan tanggung jawabnya (coast) sebagai imam sholat, penceramah di majlis ta’lim dan kegiatan keagamaan lainnya. Para tokoh masyarakat selalu memberi (reward) dukungan baik moral maupun materil. Terdapat tiga bentuk pertukaran sosial yang terjadi, yaitu pertukaran sosial dalam hal ilmu agama islam, dalam hal sikap dan pertukaran sosial dalam hal perasaan. Kedua, faktor pendorong dalam pertukaran sosial tokoh masyarakat dan generasi muda yaitu, pemberian penghargaan yang bernilai tinggi di masyarakat, terdapat pengakuan dan kepuasan atas pengorbanan yang dilakukan oleh generasi muda dan terdapat perhatian pada kesejahteraan ekonomi generasi muda. Selain itu, faktor penghambat dalam pertukaran sosial tokoh masyarakat dan generasi muda seperti perselisihan, persaingan dan konflik. Ketiga, pertukaran sosial yang terjalin antara tokoh masyarakat dengan generasi muda menimbulkan dampak pada hubungan sosial kedua pihak. Dampak tersebut meliputi dampak Asosiatif (berupa Kerjasama dan Akomodasi) dan juga dampak Disosiatif (berupa Persaingan dan Kontravensi umum).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Generasi muda; Pertukaran sosial; Tokoh masyarakat.
Subjects: Islam > Other Practices
Social Interaction, Interpersonal Relations
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Egi Ramadani Juanda
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:45
Last Modified: 09 Mar 2023 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65487

Actions (login required)

View Item View Item