Efektivitas pelaksanaan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Mekarjaya dalam meningkatkan pendapatan asli desa sesuai Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 33 tahun 2016 ditinjau dari Siyasah Maliyah

Tsaniawan S, Moch Faruq (2023) Efektivitas pelaksanaan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Mekarjaya dalam meningkatkan pendapatan asli desa sesuai Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 33 tahun 2016 ditinjau dari Siyasah Maliyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (953kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Latar belangkang penelitian ini menyatakan bahwa masih adanya beberapa permasalahan atau kendala dalam BUMDes Desa Mekarjaya. Yaitu Desa Mekarjaya yang masih belum berkembang dalam menjalankan BUMDes salah satu faktornya yaitu kurangnya penyuluhan dari aparat Desa serta kurang pedulinya masyarakat terhadap adanya BUMDes sehingga memperhambat berkembangnya BUMDes sehingga belum bisa memberikan pemasukan banyak pada Pendapatan Asli Desa. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: Pertama, untuk mengetahui Efektivitas Pengelolaan BUMDes di Desa Mekarjaya. Kedua, untuk mengetahui Kendala Pendukung Pengelolaan BUMDes di Desa Mekarjaya terhadap pelaksanaan Perbup tersebut. Ketiga, untuk mengetahui Relevansi Pengelolaan BUMDes di Desa Mekarjaya dengan Perbup ditinjauan dari kaidah Siyasah Maliyah. Teori yang digunakan beberapa teori diantaranya, teori efektivitas, teori pengelolaan, dan teori siyasah maliyah. efevtivitas merupakan pengukuran suatu kegiatan atau program dalam pencapaian target atau tujuan yang sudah ditentukan terlebih dahulu melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara efesien. pengelolaan adalah suatu proses yang dimulai dari proses perencanaan, pengaturan, pengawasan, penggerak, sampai dengan proses terwujudnya tujuan.efektivitas dan pengelolaan ini ditinjau dari siyasah maliyah yang dimana pengaturannya diorientasikan pada kemaslahatan rakyat. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif analitis, dan menggunakan pendekatan yuridis empiris, sumber data yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : Pertama Efektivitas Pengelolaan BUMDes di Desa Mekarjaya belum sepenuhnya belum berjalan dengan baik. Kedua Kendala Pendukung Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa di Desa Mekarjaya yaitu keterbatasan oleh dana, kurangnya partisipasi masyarakat dengan adanya BUMDes, dan yang terakhir ialah Hubungan antara Pengurus BUMDes dan Pemerintah Desa belum optimal dalam mengelola BUMDes. Ketiga Dalam konsep Siyasah Maliyah peraturan yang dibuat diorientasikan untuk menciptakan kesejahteraan atau kemaslahatn umat, sehingga relevansi peraturan bupati ini ditinjau dari siyasah Maliyah dilihat dari kaidah dan prinsipnya dapat dikatakan sudah sesuai dengan siyasah maliyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan;BUMDes;Siyasah Maliyah
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Structure, Powers, Functions of Government
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Moch Faruq Tsaniawan S
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:04
Last Modified: 08 Mar 2023 03:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65503

Actions (login required)

View Item View Item