Pengaruh media YouTube dalam pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 MI Fathimah Al Hajiri Ngamprah Kabupaten Bandung Barat : Studi penelitian video mengenal binatang kucing dalam YouTube Channel edukasi Anak Indonesia

Fhatikasari, Putik (2023) Pengaruh media YouTube dalam pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 MI Fathimah Al Hajiri Ngamprah Kabupaten Bandung Barat : Studi penelitian video mengenal binatang kucing dalam YouTube Channel edukasi Anak Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini, 1) mengetahui adanya minat belajar siswa terhadap pembelajaran tematik, 2) mengetahui praktik pembelajaran tematik saat menggunakan youtube, 3) mengetahui adanya pengaruh penggunaan youtube dalam pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media youtube dalam pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 dengan mengembangkan indikator dari masing-masing variabel untuk selanjutnya diberikan kepada siswa. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media youtube terhadap minat belajar pembelajaran tematik pada siswa kelas 4 MI Fatimah Al Hajiri. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling. Siswa yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas 4 MI Fathimah Al Hajiri Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Instrumen penelitian menggunakan angket. Hasil penelitian yaitu penggunaan media youtube berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas 4 MI Fathimah Al Hajiri Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Hal ini dibuktikan dengan uji regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi table coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan uji t diketahui t hitung 12.729 lebih besar dari t tabel sebesar 2.021, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media youtube (X) berpengaruh terhadap minat belajar siswa (Y) kelas 4 MI Fathimah Al Hajiri Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Minat belajar siswa kelas 4 MI Fathimah Al Hajiri terhadap pembelajaran tematik dikategorikan sangat baik. Kategori sangat baik ditunjukkan dengan adanya skor rata-rata yang diperoleh oleh siswa yang bersumber dari empat indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikan, penerimaan, dan keterlibatan siswa adalah 4,50 atau sangat baik. Praktik pembelajaran tematik siswa kelas 4 MI Fathimah Al Hajiri Ngamprah Kabupaten Bandung Barat saat menggunakan youtube secara keseluruhan terlaksana dengan kategori sangat baik. Kategori sangat baik dibuktikan dengan skor rata-rata 4,65. Hasil akhir diperoleh dari proses penggunaan media youtube dalam pembelajaran tematik siswa kelas 4 MI Fathimah Al Hajiri Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Youtube; Pembelajaran Tematik; Minat Belajar
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putik Fhatikasari
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:44
Last Modified: 09 Mar 2023 01:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65511

Actions (login required)

View Item View Item