Komik Strip berbasis media sosial sebagai media berita : Analisis semiotika C.S. Peirce Pada akun Instagram @Jurnaliskomik

Maulana, Raja Yusuf (2023) Komik Strip berbasis media sosial sebagai media berita : Analisis semiotika C.S. Peirce Pada akun Instagram @Jurnaliskomik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan materi visual dalam penyajian berita tidak hanya terpaku pada pemilihan ilustrasi, terdapat juga yang menghadirkan berita melalui komik. Komik sebagai media jurnalistik, menjadi pilihan yang segar untuk tidak membuat bosan pembaca dan dapat menarik pembaca mengenai berita apa saja yang akan muncul di kemudian hari. Tujuan penelitian ini ialah untuk memberikan gambaran mengenai tiga tanda dalam komik yang membahas topik kritik sosial, adapun tanda-tandanya ialah representamen, object dan interpretant. Penelitian ini disajikan dalam bentuk pendekatan kualitatif, dengan analisis semiotika dengan tujuan untuk melakukan penelitian terhadap tiga tanda yang terdapat dalam komik kritik sosial. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah semiotika yang dicetuskan oleh Charles Sanders Peirce, adapun konsep tersebut menyatakan bahwa dalam melakukan suatu identifikasi maka perlu melihat suatu tanda seperti representamen, object dan interpretant. Penelitian ini membahas tanda-tanda tersebut secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga tanda yang disampaikan oleh Charles Sanders Peirce dan pesan dapat ditemukan dalam Jurnaliskomik. Adapun ketiga point tersebut ialah, 1) Representamen mencakup seluruh aspek yang terdapat dalam isu yang dibahas seperti tokoh manusia, reaksi karakter, latar tempat dan waktu 2) Object dalam akun Instagram Jurnaliskomik terdapat karakter realistis seperti Prabangsa dan Susrama, Adapun terdapat object dalam bentuk ilustrasi kartun dan karakter berupa siluet. 3) Interpretant yang terkandung dalam Jurnaliskomik, a)Tergambar bahwa jurnalis juga buruh dan juga terkena dampak pandemic saat itu. b)Seorang wartawan mempunyai hak dalam bertanya yang sesuai dengan kode etik jurnalistik. c)Dengan adanya berita yang diangkat bisa menjadi contoh untuk oknum yang mencoba merenggut kebebasan berpikir dan berekpresi akan kebenaran yang diangkat oleh para jurnalis. Maka dari itu selaras dengan tiga hal diatas dapat disimpulkan bahwa akun jurnaliskomik berperan sebagai media sosial yang mampu menjadi kontrol sosial, bersifat humanitarian dan berupaya mengangkat isu yang sedang hangat di tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media sosial; media berita; Analisis semiotika
Subjects: Drawing and Drawings
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Raja Yusuf Maulana
Date Deposited: 08 Mar 2023 10:15
Last Modified: 08 Mar 2023 10:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65560

Actions (login required)

View Item View Item